Waktunya Perbankan Bersikap Global - Kompas.com

Waktunya Perbankan Bersikap Global

Kompas.com - 19/06/2013, 11:13 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Globalisasi menjadi tantangan penting dan berat bagi dunia perbankan. Perusahaan yang menafikan gobalisasi sebagai fenomena dunia, akan tergulung dan jatuh. Demikian antara lain yang mengemuka dalam pembukaan Konferensi Tahunan Bank CIMB tingkat Asia Pasifik di Kuala Lumpur.

"Budaya lokal sangat penting untuk dipertahankan, tetapi kita harus berani menggeser sedikit nilai lokal itu untuk dikombinasikan dengan nilai global," ujar Takumi Shibata, Former Nomura Holdings Group COO saat memberi ceramah dalam pertemuan tersebut di Kuala Lumpur, Malaysia, Rabu (19/6/2013).

Pertemuan ini dihadiri para pejabat Bank CIMB dari Malaysia, Thailand, dan Singapura

Takumi menambahkan, nilai-nilai globali perlu diserap agar perusahaan mampu bertahan.

Hal tersebut dikuatkan oleh Group Chief Executive CIMB Group Dato Sri Nazir Razak. Dia menggambarkan betapa krisis ekonomi yang melanda Amerika pada 2008 turut memukul perbankan di Asia. Meskipun perekonomian Asia relatif aman, namun peristiwa di Amerika itu menyebarkan ketakutan di Asia.

Dato menambahkan, untuk itu, perlu penguatan kepemimpinan perusahaan di Asia. Ini perlu juga menyerap nilai-nilai global atau Barat. ketika Barat bertemu dengan Timur, akan menjadi fusi ideal dalam redefinisi kepemimpinan.

 


EditorErlangga Djumena

Close Ads X