Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

The Fed: "Tapering" Mulai Januari 2014

Kompas.com - 19/12/2013, 02:18 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber ,AP,CNN
WASHINGTON, KOMPAS.com — Penantian dan spekulasi para investor dan pelaku ekonomi global terjawab, Rabu (18/12/2013). Bank Sentral Amerika (The Fed) memutuskan memulai pengurangan stimulus (tapering).

Keputusan dimulainya pengurangan kucuran stimulus 85 miliar dollar AS per bulan untuk pembelian obligasi negara ini diambil dalam pertemuan rutin Federal Open Market Committe (FOMC), Rabu siang waktu setempat, atau Kamis (19/12/2013) dini hari waktu Indonesia.

The Fed mengatakan tapering akan dimulai pada Januari 2014. Stimulus akan dikurangi 10 miliar dollar AS per bulan, menjadi 75 miliar dollar AS per bulan.

Alasan The Fed memutuskan tapering dimulai sekarang adalah membaiknya data tenaga kerja Amerika. The Fed juga memperkirakan angka pengangguran akan terus turun secara signifikan hingga dua tahun ke depan.

Proyeksi The Fed, angka pengangguran akan turun menjadi 6,3 persen pada 2014 dan 5,8 persen pada 2015. Kedua proyeksi masing-masing 0,1 persen lebih rendah daripada proyeksi mereka sebelumnya yang dilansir pada September 2013. Saat ini angka pengangguran Amerika adalah 7 persen, jauh di bawah perkiraan sebelumnya.

The Fed juga memperkirakan ekonomi Amerika akan tumbuh 2,8 persen sampai 3,2 persen pada 2014. Pertumbuhan ekonomi 2013 diperkirakan di kisaran 2 persen, melampaui rata-rata pertumbuhan ekonomi tahunan di kisaran 1,1 persen.

Meski demikian, The Fed mengumumkan mereka tetap akan menjaga suku bunga acuan tetap berada di level mendekati nol seperti saat ini. Fed Rate sekarang adalah 0,25 persen. Menurut The Fed, besaran suku bunga acuan itu akan dipertahankan setidaknya sampai angka pengangguran turun hingga di bawah 6,5 persen.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com