Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hampir Bangkrut, Produsen Sandal Crocs Dibeli Investor Rp 2,4 Triliun

Kompas.com - 30/12/2013, 15:28 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Pabrikan sandal dan sepatu plastik yang berbasis di Colorado AS, Crocs, menghadapi kesulitan keuangan belakangan ini. Untuk mengantisipasi anjloknya bisnis, saham pabrikan tersebut dilego ke Blackstone Group senilai 200 juta dollar AS atau sekitar Rp 2,4 triliun.

Seiring dengan masuknya Blackstone, CEO Crocs, John McCarvel, akan mundur dari posisinya pada 30 April 2014. Adapun sebagian dana yang diperoleh dari Blackstone akan digunakan untuk melakukan pembelian kembali saham yang saat ini harganya telah turun drastis.

Crocs hingga saat ini berupaya untuk tetap bertahan, setelah para konsumen mulai jenuh dengan produk-produk perseroan sehingga penjualan turun signifikan.

Sementara itu, mengutip Bloomberg, Senin (30/12/2013), seorang sumber Blackstone masuk setelah Crocs berusaha mencari investor yang bersedia membeli seluruh saham perusahaan.

"Kami sudah tidak mampu lagi membeli saham yang beredar di pasar saat transaksi ini dilangsungkan. Namun, kami berharap bisa melakukan buy back saham pada kuartal I tahun 2014," ujar Direktur Keuangan Crocs Jeff Lasher.

McCarvel mulai menduduki posisi sebagai CEO pada Maret 2010, dan berhasil mengembangkan produk Crocs, termasuk sepatu dan mengembangkan jaringan pemasaran. Saham perseroan dalam 1 tahun ini telah turun 7,4 persen, dibandingkan dengan indeks Standard & Poors yang mencatatkan kenaikan 29 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com