Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bantah Chevron Membeli Gunung Ciremai

Kompas.com - 06/03/2014, 08:07 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com —
Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konversi Energi Rida Mulyana menegaskan, PT Chevron Pacific Indonesia (Chevron) tidak membeli Gunung Ciremai, Jawa Barat. Rida menjelaskan, tidak ada jual beli Gunung Ciremai kepada Chevron seperti yang tersebar di media sosial.

"Nggak ada jual beli gunung. Tidak ada yang dijual," ujar Rida di kantor Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Rabu (5/3/2014).

Rida mengatakan, pihak Chevron mengikuti proses tender panas bumi di Gunung Ciremai sesuai dengan ketentuan yang berlaku karena tujuan utama Chevron untuk mengeksplorasi gas bumi untuk dijadikan energi listrik.

"Proses lelang sesuai prosedur, nggak ada proses jual beli. Cadangan listrik terduga 150 megawatt," ungkap Rida.

Rida menambahkan, siapa pun yang akan memenangkan tender di Gunung Ciremai akan mengembangkan panas bumi. Energi tersebut untuk mengoperasikan pembangkit listrik 2 x 55 megawatt. "Energi panas bumi itu untuk PLN," ujar Rida.

Rida menambahkan, belum ada satu pihak yang mendapatkan hak untuk mengeksplorasi gas bumi. Pasalnya, Kementerian ESDM belum mengeluarkan izin usaha pertambangan (IUP).

"IUP belum keluar karena lagi negosiasi shareholder BUMD dengan pemenang lelang nanti," ungkap Rida. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com