Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/03/2014, 16:06 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam beberapa bulan mendatang, Indonesia akan memiliki presiden dan pemerintahan baru. Pengusaha Sandiaga S Uno mengatakan pemerintahan yang baru nanti harus bertindak cepat baik dari sisi kebijakan maupun implementasinya.

"Saya rasa mungkin honeymoon period-nya sangat pendek. Jadi kebijakan pemerintah baru harus cepat. Kebijakan ekonomi ya," kata Sandiaga di Jakarta, Jumat (21/3/2014).

Sandiaga menyebut, ada dua masalah utama yang harus ditangani dengan cepat oleh pemerintahan baru nanti. Masalah utama menurutnya jelas adalah masalah infrastruktur. Pemerintahan baru harus melanjutkan berbagai proyek infratsruktur yang sedang dan akan berjalan sekaligus bertanggung jawab atas pembangunan proyek-proyek infrastruktur lainnya.

"Kedua adalah harus mengubah reformasi sistem ketenagakerjaan kita, sehingga manufacturing balik lagi. Kalau manufacturing balik lagi akan menciptakan 2 hingga 3 juta new employment," ujarnya.

Bila pada nantinya sektor manufaktur Indonesia mengalami pertumbuhan secara signifikan, maka Indonesia akan menangkap peluang dari China. Saat ini China dinilai sudah tidak lagi kompetitif, karena tingginya harga-harga dan upah tenaga kerja.

"Indonesia bisa masuk (ke sektor ini), makanya kita bangun manufacturing. Ini harus dijalankan di 3 bulan pertama. Kebijakan efektif di 3 bulan pertama, setelah itu balik lagi ke masalah yang klasik," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com