Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menkeu Jamin Harga BBM Subsidi Tidak Naik Usai Pemilu

Kompas.com - 07/04/2014, 13:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Keuangan Chatib Basri menjamin harga BBM bersubsidi tidak akan naik tahun ini. Pasalnya pemerintah sampai saat ini belum ada pertemuan untuk membahas kenaikan harga BBM bersubsidi.

"Supaya clear, pemerintah nggak mau naikin BBM setelah pileg," ujar Chatib di Diskusi bertajuk "Menyongsong Peta Baru Kebijakan Ekonomi Indonesia," Hotel Borobudur, Senin (7/4/2014).

Chatib menjelaskan, Badan Kebijakan Fiskal (BKF) belum mengusulkan kenaikan harga BBM bersubsidi dimasukan ke dalam APBN-Perubahan. Karena untuk menaikkan harga BBM bersubsidi membutuhkan waktu kajian yang lama.

"BKF dan lain-lain eksplor mengenai ini, belum ada masuk di APBN-P," papar Chatib.

Selain itu subsidi tetap BBM bersubsidi juga belum dibahas oleh pemerintah. Meski rupiah menguat, otomatis harga BBM bisa menurun karena pembelian minyak impor, namun pemerintah harus melihat efek perekonomian ke depan jika ingin memutuskan subsidi tetap untuk BBM.

"Kalau rupiah menguat, pengurangan subsidi nggak banyak, harga BBMnya juga akan ikut turun kalau apresiasi, kalau konvensional akan tetap," jelas Chatib.  (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com