Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPS: Suntikan Modal Rp 1,2 Triliun ke Bank Mutiara Tak Bermasalah

Kompas.com - 14/05/2014, 17:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatakan tidak ada masalah dalam suntikan tambahan modal untuk PT Bank Mutiara Tbk sebesar Rp 1,249 triliun.

Kepala Eksekutif LPS Kartika Wirjoatmodjo mengungkapkan dana tersebut telah mempertimbangkan beberapa aspek, termasuk kesehatan bank. "(Suntikan modal) sudah melalui prosedur yang benar. Kita menjalankannya sesuai undang-undang (UU), jadi tidak ada masalah. Kalau ada yang menyebut ada kejanggalan, saya rasa tidak benar," kata Kartika di Jakarta, Rabu (14/5/2014).

Kartika mengungkapkan, pada tahun 2008 silam, keputusan Bank Indonesia (BI) selaku regulator perbankan saat itu untuk menyuntik modal kepada bank eks Bank Century berdasarkan pertimbangan beberapa aspek, seperti kualitas aset bank. Pada saat itu, Bank Mutiara berada dalam kondisi kekeringan likuiditas.

"Penerapan UU perbankan, itu masuk teritori BI. BI sendiri sudah mempertimbangkan beberapa aspek terkait suntikan modal itu, kualitas aset dan CAR (rasio kecukupan modal) menurun saat itu, membuat BI menetapkan harus disuntik modal," jelas Kartika.

Sebelumnya, dalam sidang skaldal Bank Century yang menghadirkan mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono, hakim mempertanyakan suntikan modal tersebut, di samping Rp 6,7 triliun yang telah diinjeksi sebelumnya.

Atas pertanyaan itu, Boediono yang juga Wakil Presiden tidak memberikan jawabannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com