Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Euforia Politik Usai, Rupiah Melemah di Atas 11.500

Kompas.com - 21/05/2014, 08:55 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai tukar diproyeksikan masih melanjutkan pelemahannya pada perdagangan Rabu (21/5/2014). Tekanan kembali datang dari penurunan yang diproyeksikan menggelayuti Indeks Harga Saham Gabungan.

Rupiah melanjutkan koreksinya bersama-sama dengan mata uang Asia hingga Selasa (20/5/2014) sore. Rupiah menjadi pemimpin di dalam pelemahan di saat IHSG terpangkas 2,37 persen.

Di pasar spot, seperti dikutip dari Bloomberg, pagi ini rupiah dibuka melemah ke posisi Rp 11.502,5 per dollar AS dibanding penutupan kemarin pada 11.490.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, euforia politik yang muncul di awal pekan berbalik menjadi faktor pendukung pesimisme investor.

"Hari ini pelemahan rupiah diperkirakan berlanjut. Kondisi tak ramah bagi rupiah juga dipicu sentimen eksternal," sebutnya.

Euro terus tertekan terhadap dollar AS di saat aksi beli justru terjadi pada US Treasury. Inflasi produsen Jerman yang kembali negatif mendorong pelemahan euro.

Selain data neraca transaksi berjalan serta Tingkat Keyakinan Konsumen Zona Eropa, dini hari nanti penting untuk ditunggu minutes meeting FOMC meeting bulan April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com