Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pede, Hatta Sebut Harga Gas Tangguh Naik Jadi 12 Dollar AS

Kompas.com - 05/07/2014, 23:10 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Cawapres nomor urut 1 Hatta Rajasa menyatakan, dirinya bersyukur karena renegosiasi Kontrak gas Tangguh ke Provinsi Fujian selesai dengan harga yang lebih tinggi. Dengan percaya diri mantan Menko Bidang Perkonomian itu menyebut harga kontrak baru gas Tangguh 12 dollar AS per MMBtu.

“Saya bersyukur kami ngotot renegosiasi. Alhamdulillah saya dikasih tahu Pak Jero, harga gas Tangguh sudah naik jadi 12 dollar AS per MMBtu,” ujarnya dalam Debat Capres-Cawapres kelima yang mengusung tema Pangan, Energi, dan Lingkungan, yang dihelat KPU pada Sabtu (5/7/2014)

Informasi saja, setelah melalui negosiasi yang cukup alot selama 1,5 tahun, pemerintah Indonesia dan China National Offshore Oil Corporation (CNOOC) akhirnya sepakat untuk kembali melakukan renegoisasi kontrak Gas Tangguh untuk Provinsi Fujian, Tiongkok.

Salah satu klausul yang disepakati adalah harga jual yang naik dari 3,3 dollar AS per MMBtu menjadi 8 dollar AS per MMBtu, bukan 12 dollar AS per MMBtu seperti yang dikatakan Hatta. (baca: Harga Jual Gas Tangguh Naik jadi 8 Dollar AS/MMBtu)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com