Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta dan JK Sepakat Investigasi Mafia Migas

Kompas.com - 05/07/2014, 23:56 WIB
Sabrina Asril,
Deytri Robekka Aritonang

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com
- Dua calon wakil presiden yang tengah berkompetisi yakni Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla sama-sama sepakat perlunya dilakukan investigasi mafia migas dalam proses perpanjangan kontrak karya perusahaan-perusahaan migas asing di Indonesia. Hal ini disampaikan keduanya di sela-sela acara debat kandidat di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (5/7/2014) malam.

"Pak JK, tadi banyak masalah mafia migas, setuju kah bapak dengan pandangan bapak bahwa setiap perpanjangan kontrak, itu apa perlu dilakukan invesitasi atas perpanjangan itu agar dilakukan pengecekan ulang," kata Hatta.

Menurut Hatta, selama ini proses perpanjangan kontrak lebih banyak merugikan Indoensia. Dia mencontohkan dari Freeport, Indonesia seharusnya mendapat keungungan yang lebih besar. Namun, Indonesia selalu lemah dalam melakukan renegosiasi kontrak itu.

Menjawab Hatta, Jusuf Kalla pun langsung sepakat. "Saya sangat setuju untuk diinvestigasi, kita lihat Freeport siapa yang pegang saham dan ke mana saham itu. Lihat Newmont, di mana saham Newmont. Dulu nasional, sekarang siapa? Ke mana devidennya? Jadi saya sangat setuju," ungkap JK.

Debat kandidat pada malam hari ini adalah yang terakhir kalinya dilakukan. Tema yang diangkat yakni terkait pangan, energi, dan lingkungan hidup. Rektor Universitas Diponegoro Prof Prof Sudharto P Hadi menjadi moderator dalam debat kali ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com