Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRICS Buat Bank Pembangunan Baru

Kompas.com - 16/07/2014, 01:59 WIB

FORTALEZA, KOMPAS.com - BRICS, alias kelompok negara-negara beranggotakan Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan, Selasa (15/7/2014), meluncurkan bank pembangunan dengan modal awal 50 miliar dollar AS.

Presiden pertama dari bank pembangunan baru ini akan berasal dari India, dengan ketua dewan dari Brasil, berdasarkan pernyataan tertulis yang dirilis dari pertemuan puncak di Fortaleza, Brasil.

Selain memiliki modal awal disetor senilai 50 miliar dollar AS, bank pembangunan ini juga akan memiliki modal dasar 100 miliar dollar AS dan dana cadangan yang juga ditanggung bersama oleh kelima negara anggota senilai 100 miliar dollar AS.

Kehadiran bank ini bertujuan membantu negara-negara anggotanya dari tekanan likuiditas jangka pendek, meningkatkan kerja sama lanjutan BRICS, memperkuat jaring pengaman keuangan global, dan melengkapi peraturan internasional.

Bank dan dana dipandang sebagai pengimbang bagi keberadaan Bank Dunia yang didominasi negara-negara barat dan Dana Moneter Internasional. Negara-negara BRICS sebelumnya memandang kedua lembaga itu perlu lebih direformasi untuk memberikan hak suara yang juga lebih besar kepada negara-negara berkembang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com