Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tujuh Kementerian yang Dapat Anggaran Paling Besar pada 2015

Kompas.com - 15/08/2014, 15:42 WIB
Suhartono,
Estu Suryowati,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak tujuh kementerian/lembaga mendapatkan porsi anggaran paling besar, di atas Rp 40 triliun.

Dalam pidato penyerahan draft RAPBN 2015, Jumat (15/8/2014) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyebutkan tujuh Kementerian Negara dan Lembaga itu adalah Kementerian Pertahanan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kemen-terian Agama, Kementerian Kesehatan, Polri, dan Kementerian Perhubungan.

Dalam hal ini, alokasi anggaran untuk Kemendikbud dan Kementerian Agama masing-masing sebesar Rp 67,2 triliun serta Rp 50,5 triliun. "Anggaram akan diprioritaskan untuk meningkatkan akses, kualitas, relevansi, dan daya saing pendidikan, melalui peningkatan dan pemerataan pelayanan pendidikan," ujar Presiden.

Adapun anggaran Kementerian Kesehatan sebesar Rp 47,4 triliun dan diprioritaskan untuk peningkatan akses dan kualitas kesehatan, antara lain berupa peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di puskesmas di daerah perbatasan, dan pulau-pulau kecil terluar.

Untuk pertahanan negara, pemerintah menganggarkan dana sebesar Rp 95 triliun bagi Kementerian Pertahanan. "Dana ini digunakan untuk melanjutkan pemenuhan kekuatan dasar yang diperlukan, meningkatkan upaya pemeliharaan dan perawatan melalui peningkatan peran industri pertahanan dalam negeri, baik produksi alutsista maupun pemeliharaannya," lanjut presiden.

Adapun untuk Polri, mendapatkan anggaran sebesar Rp 47,2 triliun. Dengan dana sebesar itu, Presiden berharap lembaga ini bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

"Selain itu, Pemerintah memandang perlu untuk mempertahankan rasio polisi dengan jumlah penduduk sebesar 1 berbanding 582, yang dilaksanakan dengan menambah jumlah personil Polri," kata Presiden.

Terkait dengan pembangunan infrastruktur, Pemerintah memberikan perhatian besar kepada dua kementerian yaitu Kementerian Pekerjaan Umum dan kementerian Perhubungan. Hal ini lantaran pembangunan infrastruktur nasional dinilai masih jauh dari sempurna.

Untuk itu, Kementerian Pekerjaan Umum mendapatkan alokasi dana sebesar Rp 74,2 triliun dan Kementerian Perhubungan sebesar Rp 44,6 triliun. Dana itu akan digunakan di antaranya untuk pembangunan irigasi dan waduk serta bandara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com