Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gerakan "Cashless Society" di Indonesia Dapat Respon Positif

Kompas.com - 10/09/2014, 00:47 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia tengah menggalakkan Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), atau yang juga dikenal dengan istilah cashless society. Hal ini mendapat apresiasi dari pelaku prinsipal kartu pembayaran, salah satunya MasterCard Indonesia.

Vice President Head of Business Development PT MasterCard Indonesia Tommy Singgih mengungkapkan, langkah pemerintah menggalakkan program GNNT tersebut akan berujung pada penggunaan antarnegara. Tidak seperti sekarang, transaksi non tunai hanya terbatas untuk memenuhi kebutuhan konsumsi.

"Pada kondisi sekarang, orang banyak bertransaksi untuk kebutuhan konsumer, kebutuhan mereka sendiri. Ke depan, hal ini mestinya bisa dikembangkan juga untuk business to business, government to government," ujar Tommy pada KOMPAS.com di Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Menurut Tommy, sebentar lagi pembayaran antarnegara, seperti visa on arrival atau visa saat kedatangan juga bisa menggunakan transaksi non tunai. Hal ini, sudah diterapkan di beberapa negara lain.

"Jadi, orang sebelum ke Indonesia, buka website Indonesia, mereka apply visa. Visa online namanya. Mereka tidak perlu antri. Bayar dengan kartu kredit atau debit. Ini pola pengembangan yang terjadi di Indonesia. Saya rasa dengan pemerintahan baru dengan Gerakan Nasional Non Tunai itu juga akan bagus," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com