Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonom: Investor Cemaskan Koalisi Jokowi yang Lemah

Kompas.com - 26/09/2014, 19:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Pada perdagangan di lantai bursa hari ini, Jumat (26/9/2014), performa Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diselimuti sentimen negatif dari internal maupun eksternal. IHSG ditutup melemah 68,81 poin atau 1,32 persen di posisi 5.132,56.

Kepala Ekonom Samuel Asset Management Lana Soelistianingsih mengungkapkan, tidak hanya pengesahan RUU Pilkada yang membuat IHSG lesu, tetapi juga pada saat yang bersamaan, bursa-bursa saham Asia berjatuhan, seperti bursa Jepang Nikkei dan bursa Hongkong Hang Seng.

"Tidak ada isu RUU Pilkada juga (IHSG) turun. Tetapi, investor khawatir koalisi Jokowi tidak banyak membantu, seperti pada dua kali pembahasan UU MD3 dan RUU Pilkada. Koalisi Merah Putih tetap kuat," kata Lana kepada Kompas.com, Jumat (26/9/2014).

Lana menyebut, meski bisa saja ada berbagai pembicaraan "di balik layar," pasar melihat koalisi Jokowi belum bisa merangkul pihak-pihak yang lain. Dikhawatirkan, pada saat Jokowi mengajukan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P), Jokowi akan menemui kesulitan. Padahal, dalam APBN-P, Jokowi bisa saja menunjukkannya untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi.

"Bisa malah takutnya gagal. Untuk jangka pendek, kalau regional baik, ada kesempatan untuk juga terjadi perbaikan. Kalau regional baik, tapi domestiknya membuat lemah, ini bisa saja jadi bagian dari proses panjang," ujar ekonom dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) ini.

Lana mengungkapkan, pasar membutuhkan perkembangan koalisi yang lebih baik. Sebab, yang terlihat pasar saat ini adalah posisi PDI-P yang sangat kuat. "Saat ini, tidak terlihat upaya di publik untuk merangkul partai-partai lainnya, meski bisa saja di belakang itu sebenarnya ada upaya. Tapi, publik kan tidak melihat," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com