Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden: Gunakan Bantuan Non-tunai untuk Hal Produktif, Jangan untuk Beli Pulsa

Kompas.com - 07/11/2014, 11:30 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo meminta masyarakat untuk menggunakan bantuan langsung non-tunai yang diberikan pemerintah untuk hal-hal yang produktif. Dia pun meminta agar uang itu tidak digunakan untuk membeli pulsa.

"Silakan pakai untuk pendidikan, jangan buat beli pulsa," ujar Jokowi dalam Kompas 100 CEO Forum, di Jakarta, Jumat (7/10/2014).

Jokowi menjelaskan, bantuan non-tunai yang diberikan pemerintah tercakup dalam Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS), dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Keunggulan bantuan non-tunai kali ini, kata Jokowi, ada pada sistem layanan perbankan yang sudah digunakan, yakni Layanan Keuangan Digital (LKD).

Menurut dia, sistem tersebut akan mengefisienkan penyaluran dana bantuan kepada masyarakat. "Pakai akses banking agar bisa lebih mudah. Kalau ada bantuan, enggak usah muter-muter dari pusat ke daerah, kabupaten, lurah, RW, RT, baru ke rakyat," kata dia.

Baca juga: Menkeu: Anggaran KIS dan KIP Tidak Perlu Izin Parlemen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com