Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inilah 8 Pasangan Suami Istri Pemilik Bisnis Miliaran Dollar AS

Kompas.com - 10/11/2014, 11:43 WIB

KOMPAS.com -
Cinta tak sekadar membuahkan keturunan. Kekuatan cinta terbukti menjadi landasan kokoh dalam berbisnis. National Federation of Independent Businesses menghitung, ada 1,2 juta pasangan suami dan istri bahu-membahu membangun kerajaan bisnis.

“Jumlahnya terus meningkat, khususnya bisnis skala kecil dan menengah karena suami istri harus berbagai peran dalam menjalankan perusahaan,” ujar Jack Mozloom, Jurubicara NFIB, seperti dikutip Forbes.

Sayangnya, tidak semua pasangan suami istri berhasil melahirkan perusahaan raksasa. Penelusuran Forbes, hanya ada delapan pasangan yang sukses mendirikan kerajaan bisnis bernilai miliaran dollar Amerika Serikat (AS). Delapan pasangan ini juga berhasil melewati badai kehidupan rumah tangga. Mereka adalah pasangan miliarder yang tercatat masih terikat janji suci pernikahan hingga puluhan tahun.

Siapa saja mereka? Pasangan miliarder terkaya versi Forbes adalah Stanley Kroenke & Ann Walton Kroenke. Keduanya memiliki harta hingga 10,7 miliar dollar AS. Keluarga Kroenke mengumpulkan harta lewat THF Realty, developer pusat perbelanjaan. Sukses di bisnis properti, Stanley merambah bisnis dengan membeli saham sejumlah klub olahraga tersohor.

Sebut saja, NBA Denver Nuggets, NHL Colorado Avalanche, NFL St. Louis Rams, dan klub sepakbola Arsenal.

Ekspansi getol Stanley terbantu likuiditas melimpah dari Ann Walton. Dia adalah salah satu pewaris kerajaan bisnis supermarket Wal-Mart. Harta warisan Ann ditaksir mencapai 5 miliar dollar AS.

Di posisi kedua, ada pasangan imigran Korea, Do Won & Jin Sook Chang. Keduanya hijrah dari Korea ke AS pada tahun 1981 silam. Selang tiga tahun, Do Won & Jin Sook nekat membangun gerai pakaian Forever 21 di Los Angeles.  Saat ini, Forever 21 memiliki 600 gerai dengan pendapatan 3,7 miliar dollar AS saban tahun.

Pasangan Marion & Michael Ilitch juga sukses membangun bisnis Little Caesar Pizza sejak tahun 1959. Gerai pizza keluarga Ilitch tersebar di seluruh dunia dengan pendapatan 4 miliar dollar AS. Pasangan kaya raya lain adalah Stewart & Lynda Resnick. Mereka pemilik produsen minuman segar dengan merek POM Wonderful. Keduanya memiliki harta 3,8 miliar dollar AS.

Urutan selanjutnya, pasangan Tom & Judy Love. Pasangan ini  mengawali kesuksesan dengan mendirikan pom bensin yang menjadi cikal bakal jaringan toko Today Love's Travel Stops & Country Stores. Saat ini jaringan toko Love tetap dikendalikan pasangan Tom & Judy yang memiliki harta 3,5 miliar dollar AS.

Selanjutnya, pasangan Peggy & Andrew Cherng dengan harta 2,8 miliar dollar AS dari restoran Panda Express yang memiliki cabang hingga 1.700 gerai di seluruh AS. Peggy duduk sebagi co-CEO Panda sementara Andrew menahkodai Panda sebagai Chairman.  

Lalu, pasangan Bharat Desai & Neerja Sethi dengan harta 2,4 miliar dollar AS dari bisnis perusahaan penyalur tenaga kerja Syntel. Ada pula pasangan Weilei Dai & Sehat Sutardja dengan harta 1,2 miliar dollar AS. Sehat lahir di Indonesia sebelum bertemu Weilei saat kuliah di University of California, Berkeley. Keduanya mendirikanMarvell Technology Group.

Ada lagi, pasangan Steve & Elaine Wynn yang merupakan pendiri kasino Wynn Resorts pada tiga dekade lalu. Tapi, pasangan ini gagal masuk daftar Forbes karena bercerai pada tahun 2010. Jadi, percaya dengan kekuatan cinta yang mengikat dan menguatkan?  (Dessy Rosalina)           

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com