Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanri Abeng: Dirut Baru Pertamina Bukan Orang yang Bisa Dibeli

Kompas.com - 03/12/2014, 07:11 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Tanri Abeng mengaku mengenal baik Direktur Utama baru Pertamina, Dwi Soetjipto. Tanri berkeyakinan, Dwi bukan orang yang bisa dibeli.

"Dwi memiliki integritas yang baik. Dirut BUMN haruslah orang yang tidak bisa dibeli, dan dia-- yang setahu saya--dia orang yang tidak bisa dibeli," ujar Tanri, saat ditemui di Gedung Smesco, Jakarta, Selasa (2/12/2014).

Menurut, Dwi adalah pemimpin dengan soft skill yang paling efektif. Bahkan, kata dia, di perusahaan mana saja Dwi berada, perusahaan itu akan mampu menunjukkan perkembangan pesat bisnis.

"Dia bisa melakukan (langkah) persuasif sehingga orang bisa mengikuti dan bisa menerima apa yang dia mau laksanakan," kata Tanri. Dia pun berpendapat Dwi punya kemampuan baik soal kepemimpinan, tak seperti banyak pandangan pesimistis tentangnya.

Dengan semua penilain itu, Tanri berpendapat Pertamina akan maju di bawah kepemimpinan Dwi. "Sebagai seorang yang memiliki latar belakang engineering dan pernah jadi direktur perusahaan holding, kompetensi (Dwi) sudah cukup, tidak perlu lagi kita meragukan kemampuan dia, apakah dia ngerti minyak apa tidak. Kita berbicara kepemimpinan, dan dia punya itu."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com