Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memburu “Siluman”...

Kompas.com - 11/05/2015, 06:07 WIB

Oleh Jazak YA

KOMPAS.com -   Kok saya dianjurkan memburu “siluman”?  Aduh bagaimana sih mas, pertanyaan saya adalah apa kiat sukses dalam berkarir dan berbisnis?   Saya tahu mas, kita semua ingin cepat jadi kaya raya, tapi tidak perlu menggunakan cara “klenik” seperti itu kali, pakai mendatangkan “siluman” segala!

Wah, berarti Anda termasuk kedalam golongan orang-orang yang “kudet” alias kurang update, sudah kami deklarasikan bahwa makna “siluman” yang saya sampaikan di forum ini sejak tanggal 4 Mei yang lalu telah berubah. (baca: Menjadi “Siluman"...)

Berubah? Berubah jadi  apa dong?
Baik mulai sekarang harus kamu ingat selamanya bahwa “siluman” sejak tanggal 4 Mei yang lalu adalah singkatan dari SImply LUcky MAN® atau SImply LUcky woMAN® atau menjadi orang yang mudah beruntung. Oh iya keren juga mas, saya juga mau dong jadi “siluman”...

Di atas adalah sepenggal percakapan kami dengan seorang sahabat yang sangat penasaran dan agak bingung dengan ide saya untuk memburu para “siluman” sebagai upaya memperbaiki nasib serta meningkatkan kualitas hidup.

Lalu apa maksudnya kita harus memburu para “siluman”?
Ya maksud berburu di sini adalah kita berikhtiar untuk mencari dan mendapatkan orang-orang yang termasuk kedalam golongan “siluman”, mereka adalah orang-orang yang terbukti sukses di berbagai bidang, apakah mereka adalah pebisnis, politikus, karyawan biasa, olahragawan, dan pengusaha.

Dan terpenting adalah kesuksesan para “siluman” ini telah diakui secara luas, sehingga tidak ada keraguan bahwa mereka adalah manusia yang dilihat begitu mudahnya beruntung.

Pertanyaan berikutnya, apa manfaat dahsyat memburu para “siluman”?
Ya bagaimana lagi, jika itu adalah jalan yang diperlukan untuk sukses, dan jika ini strategi yang terbukti dan teruji membawa kemajuan bagi karir dan bisnis, maka patut kita pertimbangkan mulai dari sekarang kita rajin memburu para “siluman” ini.

Nah bagaimana, apakah Anda mau mempertimbangkan untuk melanjutkan perburuan terhadap para “siluman”?

Cara untuk memburu para “siluman” saya sebut dengan Jurus 3M, saya singkat dengan 3M agar mudah dipahami sehingga lebih mudah dilakukan.

M yang pertama adalah Mencari, kita harus mencari siapa orang-orang sukses yang pantas disebut sebagai “siluman”.
Sebagai contoh anda bisa mencarinya di rumah dalam hal ini adalah orang tua kita sendiri, atau kita boleh saja mencarinya di luar sana misalnya: Bob Sadino, Mark Zuckerberg, Steve Jobs, Bill Gates, Menteri Susi Pudjiastuti, Rusdi Kirana, Dahlan Iskan dan lain sebagainya.

M yang kedua adalah Menangkap, pada jurus kedua ini anda dan saya harus bisa menangkap X Factors yang membuat mereka menjadi “siluman”.
Dan X Factors itu terdiri dari perilaku khas para “siluman” , kebiasaan khusus mereka, cara mereka berpikir, pola sikap mental mereka, dan bisa juga X Factors adalah bagaimana cara mereka menjalani hidup dan memaksimalkan waktu 1X24 jam yang diberikan sama rata oleh Sang Maha Penicpta, singkat kata sering disebut sebagai best practice.

Fakta membuktikan bahwa terlepas rezeki setiap orang berbeda, namun pasti ada sesuatu atau X Factors yang membuat mereka menjadi  SImply LUcky MAN® atau SImply LUcky woMAN® atau menjadi orang yang mudah beruntung.

Contoh X Factors tersebut misalnya, mereka memiliki kebiasaan untuk selalu membaca buku yang bermanfaat, mereka selalu bangkit lebih banyak setelah terjatuh, mereka gigih, mereka tangguh, mereka disiplin, mereka juga  tidak suka membuang kesempatan, mereka rajin beribadah, dan lain sebagainya.

M yang ketiga adalah Menanam, jurus ketiga ini berarti setelah anda menangkap “sesuatu” X Factors yang membuat mereka hebat sebagai “siluman” maka anda wajib menanamnya di dalam diri kita, artinya kita juga berupaya melakukan apa yang mereka lakukan, dan tentu lakukan dengan menyesuaikan siapa diri kita alias harus kita modifikasi.

Hal ini penting karena menanam X Factors pada jurus ketiga ini bukan berarti kita menjadi orang lain, tetapi kita berupaya memperkaya diri kita dengan hal-hal positif dari para “siluman” yang membuat mereka sukses luar biasa, sehingga anda akan banyak mengkoleksi berbagai X Factors yang hanya masalah waktu akan mengubahmu menjadi “siluman”.

Ada pertanyaan lain yang mengganjal, apakah ada jaminan setelah kita memburu para “siluman” itu dengan Jurus 3M kita akan seperti mereka?

Jawabannya adalah pasti tidak ada jaminan kita akan sukses persis seperti para “siluman” itu, yang pasti adalah, Anda dan saya akan menemukan rezeki kita, keberuntungan Anda dengan mengikuti jejak para “siluman”.
Maka mulailah berburu “siluman” sekarang!



* Jazak Yus Afriansyah
adalah  seorang  Author , Coach, Trainer (ACT) of Professional Skill Series. Ia menulis Buku Seri Keahlian Profesional yang didesain untuk melengkapi dan membekali para professional dan entrepreuner dengan Knowledge dan Skill yang diperlukan untuk menjawab tantangan dan menangkap peluang bisnis sekaligus menumbuhkan  dan mengembangkan karir profesional
 
Jazak menulis buku antara lain: Basic Leadership Skill: Coaching and Counseling (2012),  One Minute Selling in Ethical (2013),  High Impressive Presentation Skill (2013),
Stress! So What? Stress Management Skill (2014), Kiss the King Kong: Key Account Management Skill (2014),  Hot Deals! High Productive Negotiation Skill (2015),  Toxic Boss: Ten Most Poisoned Leader Sins (2015).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com