Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India dan Indonesia Kian Pererat Hubungan Ekonomi

Kompas.com - 13/05/2015, 19:35 WIB


KOMPAS.com - India dan Indonesia kian mempererat hubungan ekonomi sebagaimana pernyataan Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste Gurjit Singh dalam kaitan dengan kegiatan festival bertajuk Sahabat India 2015. Catatan Gurjit Singh, pada Senin lalu, menunjuk pada salah satu kegiatan perusahaan asal India, Spark Minda, Ashok Minda Group.

Perusahaan komponen kunci kendaraan bermotor serta speedometer untuk merek Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha menggelar kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) dalam rentang waktu antara Senin (4/5/2015) hingga Rabu (27/5/2015) di lokasi pabrik PT Minda Automotive Indonesia (MAI) di Karawang, Jawa Barat. Spark Minda, Ashok Minda Group bekerja sama dengan Bhagwan Mahavir Viklang Sahayata Samiti (BMVSS) asal Jaipur, India, memberikan bantuan kaki palsu kepada 500 penyandang cacat di Indonesia di bawah koordinasi Yayasan Peduli Tunadaksa. Ide kegiatan itu, sejatinya, sudah muncul sejak setahun silam.

Catatan menunjukkan BMVSS telah mengembangkan teknologi pembuatan dan pemasangan kaki palsu ini kepada para penyandang cacat. Kaki palsu tersebut bisa dipasang di atas lutut dan juga di bawah lutut.  Kaki palsu tersebut dibuat dari karet alami dengan teknologi tertentu yang tentunya disesuaikan dengan ukuran  masing-masing pasien. Umur pemakaian dari kaki palsu ini berada dalam kisaran 3 tahun -5 tahun. Selanjutnya pasien akan dapat berjalan dengan nyaman, bisa bekerja dengan baik, berkendara sepeda motor maupun mobil setelah proses pemasangannya.  

Sementara itu, Ashok Minda, Group CEO of Spark Minda, Ashok Minda Group mengatakan bahwa aktivitas-aktivitas yang memberikan dampak positif kepada para penyandang cacat merupakan cerminan empati rasa kemanusiaan. "Kegiatan ini ini tentunya harus ditingkatkan," katanya.

Selanjutnya, Ashok Minda mengatakan kegiatan CSR perusahaannya disesuaikan dengan tema-tema seputar pendidikan, kesehatan, serta peningkatan infrastruktur kehidupan dan lingkungan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com