Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Siap Sosialisasikan Renminbi sebagai Mata Uang Internasional

Kompas.com - 04/12/2015, 17:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Baru-baru ini, Dana Moneter Internasional (IMF) resmi menetapkan mata uang China, renminbi, sebagai mata uang internasional yang masuk ke dalam special drawing rights (SDR).

Bank Indonesia (BI) menyatakan menyambut baik penetapan renminbi sebagai mata uang internasional ini.

Gubernur BI Agus DW Martowardojo mengatakan, sambutan baik Indonesia terhadap penggunaan renminbi sebagai bagian dari SDR.

Indonesia menyambut baik karena memiliki hubungan perdagangan yang cukup besar dengan China. Meski demikian, perlu ada sosialisasi yang komprehensif.

"Perlu ada sosialisasi. Oleh karena itu, kami dari Indonesia siap melakukan sosialisasi. Tentu dari Tiongkok harus lebih sosialisasinya," kata Agus di Jakarta, Jumat (4/12/2015).

Agus menjelaskan bahwa penggunaan renminbi sebagai mata uang internasional akan membuat kegiatan perdagangan antara Indonesia dan China lebih efisien.

Selain itu, ada alternatif penggunaan mata uang selain dollar AS dalam kegiatan perdagangan internasional.

"Kami dari BI menyambut baik. Kami akan ikut perkenalkan kepada dunia usaha, dunia investasi, ataupun kegiatan umum lainnya untuk renminbi dan rupiah," kata Agus.

Impor Indonesia dari China mencapai 30 miliar dollar AS. Adapun ekspor Indonesia ke China sebesar 14 miliar dollar AS hingga 15 miliar dollar AS.

Selama ini, kegiatan perdagangan kedua negara masih banyak menggunakan mata uang dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com