Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli: Sudah Waktunya Harga BBM Diturunkan

Kompas.com - 23/12/2015, 17:22 WIB
Ramanda Jahansyahtono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menko Maritim dan Sumber Daya Rizal Ramli mengatakan, harga bahan bakar minyak atau BBM harus diturunkan. Hal ini disebabkan oleh faktor harga minyak dunia yang sedang merosot pula.

"Sekarang memang sudah waktunya harga BBM diturunkan karena harga energi dunia sedang merosot juga," ujar Rizal di kantor BPPT, Rabu (23/12/2015).

Menurut Rizal, ada beberapa hal yang membuat harga minyak dunia anjlok. Salah satunya adalah kondisi ekonomi dunia saat ini yang sedang mengalami pelambatan. Hal ini berimbas pada berkurangnya permintaan dunia pada minyak.

"Akibatnya, harga energi di seluruh dunia turun," tutur dia.

Selain itu, Rizal juga menuturkan, suplai minyak dunia yang meningkat berpengaruh pada merosotnya harga minyak. (Baca: Harga BBM Turun, Ini Kata Pertamina)

Terlebih lagi, kata Rizal, baru-baru ini Rusia menemukan ladang minyak baru. Dia mengatakan, penemuan ladang minyak ini memberikan pengaruh besar pada harga minyak di seluruh dunia.

Dengan beberapa alasan di atas, dia mengatakan, kini adalah waktu yang tepat untuk menurunkan harga BBM. (Baca: Jonan: Kalau Harga BBM Turun Signifikan, Tarif Angkutan Akan Disesuaikan)

Namun, Rizal enggan berpendapat ketika ditanya soal jumlah penurunan yang ideal untuk saat ini. Dia hanya mengatakan, pihaknya sedang kaji persoalan ini.

"Kita memang perlu menurunkan. Hanya, mengenai berapanya dan sebagainya, itu masih dalam diskusi," pungkas Rizal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com