Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BNP2TKI: TKI Ilegal ke Arab Saudi Kerap Bermodus Visa Ziarah

Kompas.com - 25/12/2015, 09:08 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) menengarai adanya kecenderungan menggunakan visa ziarah sebagai modus pihak-pihak tidak bertanggungjawab untuk memberangkatkan secara ilegal tenaga kerja dari Indonesia ke Timur Tengah, khususnya Arab Saudi. Demikian disampaikan Direktur Pemberdayaan BNP2TKI, Arini Rahyuwati, Kamis (24/12/2015).

"Para tenaga kerja itu masuk ke Riyadh menggunakan visa ziarah," kata Arini, yang beberapa hari lalu melakukan kunjungan kerja ke Riyadh.

Hal itu, lanjut Arini, menambah persoalan di sektor keimigrasian, khususnya terkait program penempatan TKI ke luar negeri. Karenanya, hal itu akan menjadi masukan bagi BNP2TKI dalam mencari solusi agar tidak terjadi lagi penyalahgunaan visa ziarah. Ke depan BNP2TKI akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait dengan terbitnya visa tersebut tersebut dan memberikan kontrol dengan penuh tanggung jawab.

"Sehingga pemegang visa ziarah tidak dapat lagi melakukan penyalahgunaan. Dengan demikian modus pemberangkatan TKI secara nonprosedural itu dapat ditekan, bahkan bersyukur kalau dihilangkan sama sekali," kata Arini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com