Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rizal Ramli Pimpin Rakor Pengembangan Pariwisata Danau Toba

Kompas.com - 09/01/2016, 08:52 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Nasib pengembangan pariwisata Danau Toba, Sumatera Utara, mulai dibahas, Sabtu (9/1/2016) pagi. Sejumlah menteri dijadwalkan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) tindak lanjut pengambangan salah satu dari 10 destinasi unggulan Indonesia itu.

Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli akan memimpin Rakor yang diagendakan digelar pukul 09.00 WIB di Institut DEL Teknologi, Toba Samosir (Tobasa), Sumatera Utara.

Selain Rizal, beberapa menteri juga dijadwalkan hadir yakni Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pariwisata Arif Yahya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Basuki Hadimuljono, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya.

Sebelumya, Rizal Ramli sempat menyampaikan kalau pemerintah berencana untuk meningkatkan kegiatan ekonomi dari sektor pariwisata dalam lima tahun mendatang.

Salah satu destinasi wisata yang menarik perhatian Rizal ialah Danau Toba. Bahkan Rizal berhasrat kawasan tersebut akan dikembangkan seperti Monaco.

Sebagai langkah awal, pemerintah akan membuat Badan Otoritas yang berwenang mengembangkan kawasan Danau Toba. Sementara itu, langkah pembenahannya akan dimulai dari pembersihan danau hingga mengundang para investor untuk membangun infrastruktur seperti jalan, hotel, listrik, serta internet.

Diperkirakan kebutuhan dana untuk pengembangan Danau Toba mencapai 500 juta dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com