Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dengan 4 Fantastik, Pelanggan Semakin Fanatik

Kompas.com - 01/02/2016, 10:01 WIB

Oleh Jazak Yus Afriansyah
@jazakYA

KOMPAS.com - Pada era persaingan yang super ketat saat ini, memenangkan hati pelanggan agar mereka setia dan bahkan fanatik terhadap produk dan jasa yang Anda jual adalah sesuatu yang sangat menantang. Apalagi jika ternyata beberapa dari pelanggan utama tersebut pernah terluka dan kecewa.

Dengan luka dan kekecewaan tersebut, sangat mungkin pelanggan menyampaikan keluhan kepada Anda, dan ternyata jika kita tidak sigap, alias gagap dan gagal mengelola keluhan tersebut, maka inilah salah satu sebab mimpi buruk tak bertepi, yaitu kehilangan peluang pertumbuhan bisnis.

Berikut secara sederhana anjuran 4 Keyakinan atau Kepercayaan Positif yang wajib dimiliki oleh perusahaan Anda.

Dengan 4 yang Fantastik saya yakin kita akan mampu membuat pelanggan semakin fanatik, khususnya pelanggan yang pernah tersakiti.

4 Keyakinan yang Fantastik ini wajib dipercaya, diterima dan ditanam kuat didalam hati dan pikiran pada semua personel yang berkepentingan, dan keempat yang Fantastik tersebut adalah:

No coincident  atau Tidak ada yang kebetulan
Pastikan mulai saat ini Anda dan seluruh karyawan Anda yang bertanggung jawab terhadap penanganan keluhan pelanggan, untuk yakin bahwa tidak ada yang kebetulan jika ternyata ada yang terus menyampaikan keluhannya. Pasti ada sesuatu yang penting dan utama serta sangat bermanfaat.

Barangkali menurut kita sebagai manusia biasa yang tidak punya kendali dalam kehidupan alam semesta ini, menganggap kebetulan menerima keluhan. Namun tidak bagi Sang Maha Perkasa yang mengatur segala sesuatu, semua sudah sesuai kehendakNya.

Lalu bagaimana cara kita mengetahui apa maksud dan sesuatu atau kehendak tersebut?

Mudah saja yaitu dengan menjalani kehendak itu, dalam hal ini adalah tegar mengatasi serta menghadapi keluhan pelanggan itu sampai tuntas.

Every Complaint is Buying Signal atau Setiap Keluhan adalah Sinyal Membeli
Keyakinan positif yang kedua, yaitu percayalah bahwa setiap Keluhan adalah Buying Signal, seberapa buruk apapun keluhan itu tetap saja adalah suatu tanda bahwa pelanggan atau konsumen ingin disentuh lebih “intim” lagi dan mereka menebar signal melalui keluhan.

Langkah berikutnya adalah mengolah buying signal tersebut dengan metode dan teknik yang tepat guna dan terbukti manjur, ingat kajian kita di Siasat Anti Sesat?

No matter how bad or diffcult complaint must be handling, it’s your credibility even though it will totally resolved, need to handle it atau Tidak peduli seberapa sulit dan parahnya keluhan pelanggan, setiap keluhan harus diselesaikan, karena hal ini menyangkut kredibilitas kita.

Ini adalah keyakinan fantastik nomer tiga, yang wajib tertancap dalam diseluruh penjuru hati dan pikiran seluruh penghuni korporasi Anda.

Memang tidak semua komplain bisa diselesaikan atau dijawab, namun demikian sesulit apapun, separah apapun keluhan itu, tetap saja harus diatasi, karena dengan hal ini pelanggan dan konsumen anda akan tahu betapa serius Anda dan korporasi memberikan perhatian kepada pelanggan.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com