Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Solusi Pembayaran Digital "Pay by QR" Diperkenalkan di Indonesia

Kompas.com - 04/03/2016, 11:12 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Dimo Pay Indonesia, sebuah perusahaan startup yang bergerak dalam bidang mobile payment, menginisiasi pembayaran digital yakni "Pay by QR".

Pimpinan Dimo Pay Indonesia, Brata Rafly menuturkan solusi yang ditawarkan "Pay by QR ini menjadi alternatif baru untuk pembayaran di Indonesia. Hal ini karena sifatnya yang yang efisien, efektif dan aman.

Sistem "Pay by QR" ini diintegrasikan pada layanan mobile banking bank maupun aplikasi uang elektronik. Sehingga dapat secara langsung digunakan sebagai sumber dana atau berfungsi sebagai dompet digital (e-wallet) dalam bertransaksi.

“Pay by QR memungkinkan pengguna smartphone untuk melakukan transaksi pembayaran dengan aman, cepat, dan mudah hanya dengan menggunakan satu layanan aplikasi yang diberikan oleh Dimo,” ungkap Brata dalam penjelasan resminya, Jumat (4/3/2016).

Menurut Brata, "Pay by QR" bersifat inklusif, dimana Dimo menyediakan sebuah “bahasa” yang dapat digunakan oleh sumber dana manapun (bank, telko, e-wallet), pengguna smartphone dengan brand mana pun, dan juga merchant apa pun.

Selain itu, para merchant dapat melakukan penagihan dengan menampilkan QR Code melalui print out pada mesin Electronic Data Capture (EDC) yang sudah ada, monitor komputer, sticker tempel, maupun langsung pada monitor smartphone.

Dimo Pay Indonesia optimistis dengan bisnis ini, seiring dengan meningkatnya penetrasi smartphone yang mencapai 128 persen pada akhir 2015.

“Dengan solusi pembayaran digital yang kami berikan, kami harap juga dapat membuka peluang baru bagi para pelaku usaha serta membantu bank maupun penyedia uang elektronik lain dalam meningkatkan kegiatan transaksi," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com