Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemendag: Produk Buatan Israel Masuk ke Indonesia Lewat Negara Lain

Kompas.com - 08/03/2016, 13:40 WIB
Estu Suryowati

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seruan boikot produk Israel yang dilontarkan Presiden Joko Widodo, dinilai menjadi sikap tegas pemerintah Indonesia atas kemerdekaan Palestina.

(Baca: Jokowi Dorong Negara OKI Boikot Produk Israel)

Namun, benarkah Indonesia benar-benar terbebas dari produk asal Israel?

"Kita enggak ada kerjasama perdagangan dengan Israel," tegas Staf Khusus Menteri Perdagangan, Iman Pambagyo ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (8/3/2016).

Namun demikian, Iman menuturkan bahwa produk-produk buatan Israel yang ada di pasar domestik, datangnya dari negara ketiga, dan tidak diimpor langsung dari Israel.

Meski begitu, dia berharap, agar imbauan Presiden Joko Widodo tidak dituangkan dalam bentuk peraturan resmi yang berpotensi menghambat perdagangan Indonesia ke depan.

"Jangan dalam bentuk peraturan. Ya nanti kita ditantang di WTO. Kalau imbauan aja sih bagus. Menurut saya sudah waktunya kita bersuara lebih keras untuk Palestina," tukas Iman.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mendorong negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk memboikot produk-produk Israel.

Dorongan itu merupakan salah satu bentuk peningkatan dukungan OKI terhadap kemerdekaan Palestina.

"Penguatan tekanan kepada Israel, termasuk boikot terhadap produk Israel yang dihasilkan di wilayah pendudukan (Palestina)," ujar Jokowi dalam pidato penutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa (LB) ke-5 OKI di Jakarta Convention Center, Senin (7/3/2016) sore.

Kompas TV Nilai Ekspor Indonesia Anjlok

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com