Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Terapkan Sistem "Check In" dan "Boarding Pass"

Kompas.com - 12/07/2016, 18:30 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

SEMARANG, KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 4 Semarang, Selasa (12/7/2016) ini, mulai melakukan implementasi penerapan sistem Check- In dan Boarding Pass di Stasiun Poncol dan di Stasiun Tawang, Semarang.

"Ini adalah upaya kami untuk meningkatkan pelayanan. Selain itu, juga mempermudah para calon penumpang karena akan mengurangi risiko lolos boarding akibat salah tanggal atau tiket tidak valid,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Gatut Sutiyatmoko dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, selasa (12/7/2016) siang.

Menurut Gatut, dengan sistem baru ini, penumpang yang telah membeli tiket di channel eksternal dapat melakukan check in pada mesin check in mandiri di stasiun mulai 12 jam hingga menjelang keberangkatan KA.

Check in dilakukan dengan cara mengetikkan kode booking yang tercantum pada bukti transaksi pembelian tiket di mesin check in mandiri.

Mesin ini akan mengeluarkan boarding pass yang mencantumkan nama dan ID penumpang, kode booking, dan nama KA beserta tujuan dan jadwal keberangkatan.

Boarding pass inilah yang kemudian harus dibawa penumpang saat pemeriksaan identitas di boarding gate stasiun.

"Sangat mudah dan cepat, mirip dengan proses cetak tiket mandiri di stasiun,” kata Gatut.

Gatut menambahkan,sistem ini telah sukses diuji coba dan diterapkan di seluruh stasiun yang berada di wilayah PT KAI Daop 1, 2, 3, 5, 6, dan 7.

Secara bertahap dalam waktu yang singkat PT KAI Daop 4 Semarang akan memberlakukan sistem ini pada seluruh stasiun keberangkatan yang ada di wilayah Daop 4 Semarang.

Pemberlakuan sistem check in dan boarding ini diharapkan dapat menghilangkan pencaloan dan peredaran tiket palsu yang beberapa waktu lalu pernah terjadi di beberapa daerah.

Dengan penerapan sistem check-in, boarding pass tidak akan bisa didapatkan penumpang tanpa ada kode boking transaksi pembelian tiket. Sehingga dipastikan tidak akan ada lagi penggunaan tiket palsu.

"Selain antisipasi terhadap tiket palsu dan pencaloan, cara ini pun dapat memperpendek antrean. Sehingga di stasiun keberangkatan ini akan semakin meningkatkan ketertiban dan keamanan penumpang," imbuhnya.

Kompas TV Belasan Ribu Pemudik Tiba di Stasiun Senen

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com