Sah, Yahoo Dicaplok Raksasa Telekomunikasi AS - Kompas.com

Sah, Yahoo Dicaplok Raksasa Telekomunikasi AS

Kompas.com - 26/07/2016, 05:43 WIB
Yahoo Logo Yahoo

NEW YORK, KOMPAS.com - Perusahaan internet Amerika Serikat Yahoo secara resmi diakuisisi oleh raksasa telekomunikasi Verizon Communications dengan nilai transaksi hampir mencapai 5 miliar dollar AS atau setara sekitar Rp 65,5 triliun.

Rencananya, Yahoo akan dikombinasikan dengan AOL, bintang internet yang telah meredup, yang telah diakuisisi Verizon tahun lalu.

Mengutip BBC, Selasa (26/7/2016), kesepakatan akuisisi tersebut tidak termasuk nilai saham yang dimiliki Yahoo pada perusahaan internet China, Alibaba.

Harga yang disepakati tersbeut pun lebih rendah dari harga yang ditawarkan Microsoft pada Yahoo sebesar 44 miliar dollar AS pada tahun 2008 lalu.

Verizon menyatakan, kesepakatan untuk mengakuisisi bisnis internet Yahoo akan membuatnya menjadi perusahaan media mobile kelas global. Saat ini Yahoo memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif dalam sebulan.

"Yahoo adalah perusahaan yang telah mengubah dunia akan terus melakukan itu melalui kolaborasi bersama Verizon dan AOL ini," kata CEO Yahoo Marissa Mayer.

Dalam e-mail yang ditulis kepada para pegawai, Mayer menyatakan dirinya berencana untuk tetap bekerja di Yahoo.

Ia mengatakan sangat mencintai Yahoo dan menaruh kepercayaan kepada para pegawai, sehingga sangat penting baginya untuk menyaksikan Yahoo melangkah ke tahap selanjutnya.

CEO AOL Tim Armstrong menyatakan, akuisisi Yahoo oleh Verizon adalah untuk membuka potensi Yahoo yang sebenarnya. Selain itu, aksi korporasi ini juga akan menciptakan sebuah pemain utama di industri media berbasis mobile.

Dengan demikian, mereka akan memiliki lebih dari 25 brand, termasuk Yahoo Mail, Flickr, dan Tumblr yang selama ini dimiliki Yahoo serta situs berita Huffington Post dan Techcrunch yang dimiliki AOL.

Kesepakatan ini diharapkan bakal selesai pada awal tahun 2017 mendatang.

Mayer, yang menakhodai Yahoo sejak 2012, dinilai hanya memberikan sedikit progres terhadap langkah Yahoo kembali meraup laba.

Pekan lalu, Yahoo melaporkan kerugian sebesar 440 juta dollar AS pada kuartal II 2016 namun direksi menyatakan telah menciptakan progres bagus dalam alternatif strategis.

Yahoo dan Verizon dikabarkan bakal melakukan perundingan eksklusif terkait akuisisi ini pada Jumat (29/7/2016) mendatang. 


EditorBambang Priyo Jatmiko
SumberBBC News

Close Ads X