Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PGN Pasok Gas untuk Rumah Tangga di Desa Tropodo Sidoarjo

Kompas.com - 23/08/2016, 13:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus mengembangkan jaringan distribusi gas bumi di berbagai wilayah Indonesia, salah satunya di Waru, Sidoarjo, Jawa Timur.

Sebanyak 228 rumah tangga di Perumahan Trodopo Indah, Desa Tropodo, Kecamatan Waru, Sidoarjo, siap untuk mendapatkan pasokan gas bumi yang bersih, efisien, aman serta mudah dari PGN.

"Di Perumahan Tropodo ini total ada 550 rumah, sebagian sudah kita pasok gas bumi, sisanya ada 228 rumah lagi yang secepatnya akan kita alirkan gas bumi," kata Sales Head Area Sidoarjo PT PGN, Andaya Saputra, Selasa (23/8/2016).

Andaya mengatakan, untuk wilayah Sidoardjo sampai saat ini PGN telah menyalurkan gas bumi ke 5.218 pelanggan, baik ke rumah tangga maupun ke industri.

"Untuk segmen industri, PGN memasok gas bumi seperti ke pabrik teh botol sosro dan Yakult dan banyak industri besar lainnya. Kami juga baru saja memasok gas bumi ke PT United Can, Samudra Luas, dan Pancatriadi II," ujar dia.

PGN juga terus aktif melakukan sosialisasi penggunaan gas bumi untuk rumah tangga, seperti kegiatan bertemu langsung dengan pelanggan PGN dalam rangka menyambut HUT RI ke 71 dengan acara bertajuk "Melangkah Sehat Bersama Energi Baik" yang berlokasi di Perumahan Tropodo Indah.

"Kegiatan tersebut selain sosialisasi gas bumi efisien, bersih dan aman, juga mensosialisasikan manfaat gas bumi tak hanya untuk memasak, tapi juga bisa digunakan untuk pemanas air menggunakan hitter air, jadi bisa mandi tiap hari pakai air panas," ungkap Andaya.

Ketua RW 4 Desa Tropodo, Masrianto menambahkan, gas bumi dari PT PGN sangat membantu warganya, karena biayanya jauh lebih murah ketimbang menggunakan gas tabung LPG.

"Ini membuat warga saya yang memiliki usaha di wilayahnya mampu meraup untung yang lebih banyak," terang Masrianto.

Seperti diketahui, hingga saat ini PGN telah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi mencapai lebih dari 7.100 km. Jumlah ini setara 76% dari total pipa gas bumi nasional.

Sampai dengan kuartal I-2016, PGN telah menyalurkan gas bumi ke lebih dari 116.400 pelanggan rumah tangga, 1.879 UKM, mal, hotel, rumah sakit, restoran, serta 1.576 industri skala besar dan pembangkit listrik.

Pelanggan PGN tersebut tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, sampai Papua.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com