Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jawab Tantangan Generasi "Millenial", BTPN Lahirkan Layanan Aplikasi Jenius

Kompas.com - 06/09/2016, 19:15 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Kalau boleh bertanya, apakah Anda bisa menjalani aktivitas walau sehari saja tanpa ponsel pintar alias smartphone? Lalu, apakah Anda merasa dimudahkan dalam melakukan berbagai aktivitas dengan smartphone yang Anda miliki?

Pertanyaan lainnya adalah, berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk membuka rekening di bank atau mengurus kartu debet yang tertelan mesin ATM atau hilang? Pernahkah Anda merasa tidak memiliki waktu untuk mengurus semua itu?

Semua pengalaman dan permasalahan tersebut sebagian besar dialami mereka yang masuk dalam kategori generasi millennial. Mereka adalah generasi teknologi, dinamis, tak bisa lepas dari perangkat komunikasi digital, dan tidak memiliki waktu yang banyak untuk menangani urusan perbankan yang konvensional.

Inilah yang menjadi latar belakang PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) menghadirkan Jenius, layanan perbankan 24 jam berbasis aplikasi. Tidak hanya bertransaksi atau menabung, Jenius memberi solusi pengelolaan keuangan secara cermat, cepat, mudah, dan aman.

Direktur Utama BTPN Jerry Ng menyebut, saat ini kehidupan masyarakat modern tak lepas dari ponsel dan hal-hal berbau digital. Selain itu, perbankan pun sebenarnya merupakan bisnis yang amat mengadopsi teknologi. Sehingga, BTPN memadukan keduanya dalam menghadirkan Jenius.

“Waktu kami melakukan riset, masyarakat mengatakan mengapa kalau bank itu tidak bisa cepat dan berhubungan dengan bank itu berbelit-belit. Buka rekening di bank saja bisa 45 menit sampai 1,5 jam,” ungkap Jerry di kantornya di Jakarta, Selasa (6/9/2016).

Oleh sebab itu, imbuh Jerry, pihaknya melakukan proses internal untuk menghadirkan layanan perbankan sesuai dengan keinginan dan kebutuhan masyarakat modern saat ini. Makanya, hadirlah Jenius yang merupakan aplikasi perbankan terbaru yang menjadi jawaban kebutuhan nasabah.

Jerry menjelaskan, Jenius memungkinkan nasabah mengakses semua layanan perbankan melalui aplikasi dan web. Selain itu, dihadirkan pula berbagai fitur menarik seperti menabung, split bill, pos-pos pembayaran, hingga virtual card selain diberikan pula kartu fisik untuk bertransaksi secara langsung.

Kalau sewaktu-waktu kartu fisik nasabah hilang atau tertinggal, maka nasabah tak perlu repot datang ke bank atau menelepon untuk mengajukan pemblokiran kartu. Nasabah cukup memilih opsi blokir kartu yang ada pada aplikasi Jenius.

“Dengan perkembangan teknologi yang ada, maka layanan harus customer-centric. Layani nasabah dengan nyaman. Kalau dulu, orang harus menyesuaikan diri dengan pola bank dan aturan yang banyak. Sekarang ini bagaimana melayani nasabah dengan baik,” kata Direktur Kepatuhan, Hukum, dan Corporate Secretary BTPN Anika Faisal pada kesempatan yang sama.

Kompas TV Laba Bersih BTPN Semester I Turun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com