Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanda-tanda Pekerjaan Mulai Merusak Kehidupan Rumah Tangga

Kompas.com - 18/10/2016, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Work life balance atau keseimbangan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan karyawan merupakan salah satu komponen penting yang harus menjadi perhatian perusahaan.

Akan tetapi, bukan perusahaan saja yang bertanggung jawab untuk mewujudkan keseimbangan itu, melainkan juga karyawan itu sendiri.

Work life balance berhubungan dengan kemampuan karyawan dalam menghadapi tekanan pekerjaan tanpa mengabaikan berbagai aspek kehidupan pribadi dan keluarganya.

Anda boleh sukses dalam pekerjaan, menuai segudang prestasi di bidang yang Anda geluti, serta punya penghasilan yang tinggi setiap bulan. Namun, amat disayangkan jika keberhasilan tersebut sampai mengancam hubungan Anda dengan keluarga.

Untuk mengantisipasinya, ketahuilah tanda-tanda bahwa pekerjaan mulai merusak kehidupan rumah tangga Anda.

1. Sedikit waktu dengan keluarga

Coba hitung, seberapa sering Anda menghabiskan waktu dengan keluarga setiap harinya? Sempatkah Anda menikmati sarapan di rumah bersama pasangan?

Adakah waktu untuk berinteraksi dengan anak-anak sepulang kantor? Atau jangan-jangan Anda selalu berangkat sebelum mereka bangun dan pulang saat mereka sudah terlelap?

Jika menjawab "Ya" pada pertanyaan terakhir, Anda patut khawatir. Sebab, ini pertanda bahwa ada ketidakseimbangan dalam kehidupan Anda.

2. Terlalu banyak mengeluhkan pekerjaan

Untuk merawat keharmonisan sebuah rumah tangga, komunikasi harus selalu dijaga. Saling berbagi dan mendengarkan cerita masing-masing anggota keluarga merupakan salah satu caranya.

Namun, ketika komunikasi hanya didominasi oleh keluhan Anda soal atasan di kantor yang menyebalkan serta pekerjaan yang tak ada habisnya, Anda akan melewatkan banyak momen berharga dengan keluarga.

Bahkan, yang lebih parahnya lagi jika Anda sampai meluapkan emosi Anda terhadap pekerjaan kepada keluarga.

3. Lebih memilih beristirahat di rumah

Bekerja di perusahaan dengan load kerja yang tinggi dapat mengganggu stamina Anda, terutama jika setiap hari dipaksa untuk lembur. Kalau sudah kelelahan begini, akhir pekan biasanya menjadi saat yang Anda tunggu-tunggu untuk beristirahat di rumah.

Halaman:
Baca tentang


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com