Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Top Brand 2016, "Kompas.com" Menuju "Popular High Quality Online Journalism"

Kompas.com - 08/11/2016, 17:48 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis


KOMPAS.com
 — Lewat seremoni yang digelar di Singapura, Senin (7/11/2016), Kompas.com diteguhkan menjadi Top Brand 2016 di kawasan Asia untuk kategori media online.

Peneguhan ini merupakan hasil kajian dan riset yang digelar Influential Brands, salah satu anak usaha Brand Alliance Group.

"Capaian ini memberikan perusahaan rasa percaya diri bahwa merek Kompas akan tetap eksis di ranah digital dan di antara para pengguna digital Indonesia," kata Direktur PT Kompas Cyber Media (KCM) Andy Budiman, Senin.

PT KCM merupakan perusahaan yang menaungi dan mengelola Kompas.com, di bawah payung Grup Kompas Gramedia. Andy menambahkan, Kompas.com memiliki tradisi jurnalisme yang panjang dan tinggi, tak bisa dilepaskan pula dari sejarah panjang harian Kompas.

Dok Kompas.com Direktur PT Kompas Cyber Media (KCM), Andy Budiman, dan penghargaan Top Brand 2016 untuk kategori media online, yang diterima di Singapura, Senin (7/11/2016). Penghargaan ini merupakan hasil riset dari Influential Brands, anak usaha dari Brand Alliance Group, di lima negara di Asia untuk 50 kategori.
Meski begitu, tren digital juga harus terus menjadi kesadaran bagi Kompas.com, sekaligus modal untuk melangkah lebih jauh.

Bagaimanapun, kata dia, riset terbaru menyebutkan, 48 persen pengguna internet di Indonesia menggunakan sarana itu untuk mengakses berita.

Karena itu, ungkap Andy, Kompas.com terus berupaya menjaga tradisi kualitas karya jurnalistiknya sembari tak henti mengembangkan inovasi untuk merangkul generasi pengguna gadget.

Terlebih lagi, mayoritas pengguna internet adalah anak-anak muda, termasuk generasi Y—kelahiran era '80-an sampai '90-an.

"Tampil berbeda ke para pembaca muda sangat penting untuk menciptakan pembaca loyal di masa mendatang," ujar Andy yang hadir langsung menerima penghargaan tersebut di Singapura.

Sebagai bagian tak terpisahkan dari tren digital dan generasi Y itu, lanjut Andy, Kompas.com juga aktif mengoptimalkan kehadiran beragam media sosial, seperti Facebook dan aplikasi yang ramah milenial seperti Line.

Langkah ini tak lain dan tak bukan, kata Andy, adalah demi menjaga interaksi berkesinambungan dengan para pembaca dan pengguna internet Indonesia.

Popular high quality online journalism

Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho mengakui capaian dan kiprah Kompas.com merupakan bagian dari berkah kehadiran harian Kompas yang lebih dulu dikenal kredibel.

"(Namun), itu juga menuntut bagaimana produk kami memenuhi persepsi tersebut, menjaga value sebagai brand media yang akurat dan kredibel," tegas Wisnu, Selasa (8/11/2016).

Akurasi dan kredibilitas menjadi value yang patut diperjuangkan, kata Wisnu, terlebih pada era digital saat ini. Menurut dia, sekarang segala jenis informasi teramat gampang berada di genggaman banyak orang.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com