Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11.11 Global Shopping Festival Alibaba Dulu Bernama Hari Jomblo

Kompas.com - 10/11/2016, 09:00 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Ajang 11.11 Global Shopping Festival, festival belanja online selama 24 jam oleh Alibaba Group, ternyata dulu bernama Singles Day atau Hari Jomblo.

Asal tahu saja, Alibaba merupakan satu-satunya perusahaan e-commerce yang sukses mengubah krisis jomblo menjadi penjualan online terbesar di dunia.

Singles Day ini merupakan kebalikan dari perayaan Hari Valentine atau hari kasih sayang bagi mereka yang sudah berpasangan.

Perayaan para jomblo ini marak sejak 1990 an, dan jadi ajang penjualan online terbesar setiap 11 November setelah pada 2009, Alibaba mengadopsi istilah ini.

Kenapa di China banyak jomblo? hal ini disebabkan kebijakan pemerintah China yang mewajibkan setiap keluarga hanya memiliki satu anak saja. Hal ini mendorong pada berlebihnya populasi pria ketimbang wanita.

Pada 2011, data resmi pemerintah China menunjukkan bahwa ada kelebihan 20 juta laki-laki di usia di bawah 30 tahun dibanding wanita. Pada 2020, kesenjangan jumlahnya akan mencapai 35 juta. Lalu di 2030, diestimasi satu dari empat pria China tidak akan menikah.

Alibaba melihat potensi dari Singles Day ini di 2009 dan merilis Double II sebagai deal online ketika penjualan online mulai merebak. Penjualan ini juga mencari pendapatan dari hari libur Pekan Emas di China di Oktober serta sesi Natal di Desember.

Pada tahun pertama, konsumen menghabiskan 50 juta yuan ataudari 27 merchant yang menawarkan diskon. Di 2011, disebut sebagai Singles Day Abad Ini karena angkanya jadi 11.11.11 dan lebih dari 500 juta euro dikonsumsikan melalui semua platform Alibaba pada hari tersebut.

Pada tahun berikutnya, penjualan di ajang Singles Day itu naik hampir empat kali lipat. Penjualannya masih berkisar seputar barang-barang untuk para jomblo.

Namun di 2016, pemilik Alibaba yang eksentrik, Jack Ma, menginginkan pengalaman berbelanja yang menyeluruh, tidak hanya berkutat pada jomblo.

Jack Ma yang saat ini menjadi pria terkaya kedua di China, mengatakan mengganti istilah Singles Day jadi 11.11 Global Shopping Festival.

Kompas TV Transaksi E-Commerce Indonesia Masih Rendah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com