Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengeboran Pembangkit Geotermal di Sabang Ditargetkan Selesai Februari

Kompas.com - 10/01/2017, 15:45 WIB

SABANG, KOMPAS.com — Pengeboran Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) atau pembangkit geotermal di Jaboi, Sabang, Aceh, ditargetkan selesai pada Februari 2017.

Dengan demikian, PLTP ini diharapkan bisa menghasilkan energi 10 megawatt sampai dengan 15 megawatt (MW).

"Kami sebagai pelaksana dipantau terus oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), dan Februari 2017 ditargetkan selesai pengeboran pertama," kata Project Manager dan Kepala Teknis PLTP Geothermal Jaboi, Sabang, Matoyo, di Sabang, Selasa (10/1/2017).

Ia menjelaskan, pembangunan PLTP Jaboi, Sabang, yang dikerjakan oleh PT Sabang Geothermal Energi (SGE) sudah mendapat izin Kementerian ESDM.

Sesuai dengan izin yang diberikan tersebut, maka pengeboran tahap pertama harus kelar Februari.

Lebih lanjut, ia mengatakan, sebagai pengusaha energi, pihaknya menginginkan pembangunan PLTP Jaboi selesai tepat waktu sebagai wujud keberhasilan pada tahap pertama.

"Tahap pertama satu lokasi pengeborannya, dan direncanakan keseluruhan ada empat titik pengeboran," katanya lagi.

Pihaknya mengakui, PT SGE akan segera menyelesaikan pekerjaan tersebut, dan energinya diupayakan bisa segera disalurkan ke PT PLN (Persero).

"Nantinya energi yang dihasilkan dari panas bumi Jaboi akan kami jual ke PT PLN, dan selanjutnya PLN yang menyuplainya kepada pelanggan," ujarnya.

Project Manager dan Kepala Teknis PLTP Jaboi juga menjelaskan, sesuai dengan perkiraan awal, jika pihaknya berhasil mengerjakan PLTP Jaboi, maka energi yang dihasilkan mencapai 80 MW secara keseluruhan.

"Jika ini berhasil, energi yang dihasilkan dari panas bumi Jaboi mencapai 80 MW, dan nantinya akan bisa disuplai ke PLN Banda Aceh melalui kabel bawah laut," tuturnya.

Kompas TV Semburan Diduga Akibat Eksplorasi Panas Bumi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber ANTARA


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com