Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BEI Buka Galeri Investasi Ke-241 di UMN

Kompas.com - 14/02/2017, 16:07 WIB
Estu Suryowati

Penulis

TANGERANG, KOMPAS.com — Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menjadi kampus pertama tahun ini untuk tempat Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka galeri investasi. BEI menargetkan tahun ini akan dibuka 60 galeri investasi di perguruan tinggi.

"Galeri investasi di UMN ini menjadi galeri investasi yang ke-241. Hingga akhir tahun, kami akan memiliki 300 galeri investasi di seluruh Indonesia," kata Direktur Pengembangan BEI Nicky Hogan, di Tangerang, Banten, Selasa (14/2/2017).

Menurut Nicky, anak muda merupakan kelompok potensial untuk ditarik ke pasar modal. Catatan BEI menunjukkan, 80 persen dari investor ritel saat ini berada dalam rentang usia antara 20 tahun sampai 40 tahun.

Saat ini jumlah investor ritel di Indonesia lebih kurang 900.000 orang, terdiri dari investor saham sekitar 550.000 orang dan investor reksa dana sekitar 350.000 orang.

Penambahan 60 galeri investasi diharapkan dapat meningkatkan jumlah investor saham sekitar 100.000 orang hingga akhir tahun.

Nicky menuturkan, BEI tidak memiliki kriteria khusus kampus seperti apa yang dibidik untuk pembukaan galeri investasi. Sepanjang ada komitmen dari kampus untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dan didukung fasilitas yang memadai, maka BEI akan membuka galeri investasi di kampus tersebut.

"Komitmen dari tiga pihak, yakni bursa, kampus, dan perusahaan sekuritasnya, itu adalah ada 100 investor baru per galeri per tahun. Selain itu, ada empat kegiatan per tahun, seperti seminar atau workshop," kata Nicky.

Dia menambahkan, UMN dengan fasilitas yang memadai merupakan kampus yang ideal untuk pengembangan galeri investasi.

Selain bekerja sama dengan pihak kampus, BEI juga menggandeng satu perusahaan sekuritas untuk mendukung galeri investasi. Pada galeri investasi UMN ini, perusahaan sekuritas yang terlibat adalah PT Philip Securities Indonesia.

Direktur Philip Securities Indonesia Thessalonica Winarto mengatakan, galeri investasi UMN ini menjadi galeri investasi ke-24 bagi sekuritasnya untuk terlibat dalam edukasi pasar modal di lingkungan akademis.

Thessa menjelaskan, dalam galeri investasi UMN ini, mereka mengenalkan produk yang umum di pasar modal, seperti saham dan reksa dana. Untuk membuka akun atau rekening investasi, biayanya hanya Rp 100.000 per orang.

Di galeri investasi UMN ini, pihak kampus dan perusahaan sekuritas akan menyusun kegiatan edukasi pasar modal untuk mahasiswa.

Akan tetapi, Thessa menambahkan, lebih dari sekadar membuka galeri investasi, hal yang paling penting adalah untuk menjaga keberlanjutannya. "Kita rawat galeri investasi yang sudah ada, jangan sampai mati," ucap Thessa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com