Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Genjot Produksi Kakap Putih, KKP Siapkan KJA "Offshore"

Kompas.com - 20/03/2017, 17:21 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mulai memperkenalkan modernisasi teknologi di bidang budidaya laut yaitu budidaya laut lepas pantai.

Menurut Dirjen Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto, program yang juga dikenal dengan sebutan Keranjang Jaring Apung (KJA) offshore itu diyakini mampu menggenjot produksi kakap putih secara signifikan.

"Mekanisme pengelolaan KJA sedang dalam tahap pembahasan bussiness plan untuk memetakan mata rantai bisnis yang akan dibangun nantinya," ujar Slamet dalam kerangan pers, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Rencana awal, KJA offshore untuk kakap putih akan difokuskan di tiga kawasan strategis yakni Kota Sabang, Pangandaran, dan Kepulauan Karimunjawa. Kakap putih sendiri memilliki pangsa pasar ekspor yang lebih luas selain kerapu.

Adapun pengelolaan KJA offshore akan menggandeng BUMN Perikanan yaitu Perum Perindo. Target produksinya mencapai 2.415 ton setara Rp 56,4 miliar per tahun. Kebutuhan benih untuk ketiga KJA offshore mencapai 3,6 juta ekor benih.

Dalam pemenuhan kebutuhan bibit, KKP juga akan mendorong pihak swasta selain UPT Ditjen Perikanan Budidaya untuk memproduksi benih tersebut. Sampai saat ini, KKP telah merealisasikan bantuan KJA sebanyak 7.316 lubang.

Selain itu tahun ini ditargetkan revitalisasi KJA sebanyak 1.000 lubang. Dengan bantuan itu, diharapkan produksi akan lebih dari 342 ton per tahun dengan nilai produksi sebesar Rp 34 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com