Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bursa Asia Melemah Jelang Pertemuan ECB dan Pemilu Inggris

Kompas.com - 08/06/2017, 08:58 WIB
Aprillia Ika

Penulis

Sumber Reuters

TOKYO, KOMPAS.com - Bursa saham Asia melemah di awal perdagangan Kamis seiring para investor sedang menyerap berita mengenai mantan Direktur FBI James Comey yang mmeberikan pernyataannya di kongres. Investor juga mencermati pertemuan bank sentral Eropa (ECB) dan pemilu di Inggris.

Indeks MSCI untuk Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,27 persen sementara indeks Nikkei di Jepang naik 0,3 persen akibat berbalik arahnya dollar AS terhadap yen.

Sebelumnya, bursa saham AS atau Wall Street ditutup menguat tipis pada penutupan perdagangan Rabu waktu setempat (atau Kamis waktu Indonesia) walaupun penurunan saham energi menekan bursa.

Sektor energi tertekan setelah testimoni tertulis Comey tidak mengungkapkan keterlibatan Rusia dalam pilpres AS tahun lalu.

"Jika dengar pendapat di senat tidak menghasilkan bukti penting tergerusnya hukum, ketidakpastian akan tetap membayangi pasar tetapi isu akan kembali mendorong pasar," ujar Hiroko Iwaki, senior fixed income strategist di Mizuho Securities.

"Kecuali diasumsikan akan ada keributan dalam politik di AS atau penurunan pertumbuhan ekonomi AS, akan susah melihat turunnya yiled obligasi AS," lanjutnya.

(Baca: Pemilu Inggris Bikin Wall Street Kembali Terkoreksi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com