Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Lebaran, BUMN Bagi Ratusan Ribu Bingkisan Ramadhan

Kompas.com - 15/06/2017, 21:06 WIB
Sri Noviyanti

Penulis


KOMPAS.com –
Lewat program “Hadir untuk Negeri”, Kementerian Badan Usaha MIlik Negara (BUMN) menggaet belasan BUMN untuk berbagi bingkisan Ramadhan pada 100 masjid di kawasan Jabodetabek.

"BUMN adalah bagian dari masyarakat Indonesia, (sehingga harus) memiliki kontribusi membangun negeri tanpa kecuali. Salah satunya dengan kegiatan ini," ujar Menteri BUMN Rini M. Soemarno seperti dikutip dalam rilis yang diterima Kompas.com, Rabu (14/6/2017).

Rini menambahkan bahwa Ramadhan adalah momentum tepat untuk merenung, berserah diri, mengabdi, dan membantu mereka yang membutuhkan. Karenanya, kegiatan tersebut akan mendatangkan manfaat.

"Kegiatan (ini) sudah dilaksanakan dari tahun ke tahun dan merupakan salah satu bentuk komitmen BUMN (Hadir untuk Negeri)," lanjut Rini.

Dalam bingkisan yang dibagikan berisi bahan-bahan pokok dengan rincian 5 kilogram beras, 1 kilogram gula, sirup, kecap, 2 liter beras, dan biskuit.

Adapun paket bingkisan dibagikan melalui Dewan Keluarga Masjid (DKM) setempat sesuai dengan data penerima zakat, infak, dan sedekah (ZIS) yang dimiliki pengurus sehingga diharapkan bantuan akan tepat sasaran.

Kegiatan itu telah dilaksanakan Selasa (13/6/2017). Total, ada 200.000 bingkisan yang berhasil dikumpulkan dari 14 BUMN yang ikut serta, yakni TelkomGroup, Angkasa Pura II, Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTN, Jasamarga, Pelindo II, Pertamina, Perusahaan Gas Negara (PGN), Perusahaan Listrik Negara (PLN), PT Pembangunan Perumahan (PP), Waskita Karya, dan Wijaya Karya.

TelkomGroup

Usai memberikan bingkisan di Masjid Jami Al Amir, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud komitmen TelkomGroup.

Dok Telkom Kegiatan Safari Ramadhan oleh TelkomGroup.
"Tidak hanya menyediakan akses dan layanan telekomunikasi digital bagi masyarakat Indonesia, kami juga berupaya hadir di tengah-tengah masyarakat saat kebutuhan pokok melonjak, khususnya jelang Idul Fitri," ujarnya.

Selain itu dilaksanakan juga program "Pasar Murah". Kemudian, kata dia, perusahaan tempatnya juga turut serta dalam kegiatan “Mudik Bareng BUMN” dengan memberangkatkan 3.260 pemudik menggunakan bus, kapal laut, dan pesawat terbang.

Sepanjang Ramadhan hingga Idul Fitri, Alex menjelaskan bahwa TelkomGroup juga melaksanakan program “TelkomGroup Berbagi”. Mirip dengan program yang digagas bersama BUMN, Pasar Murah juga menjadi bagian dari rangkaian programnya.

Lebih lanjut, ada juga bantuan renovasi masjid, pemberian alat bantu difabel, dan bantuan kepada panti asuhan. Bahkan, di bidang edukasi, TelkomGroup turut menggelar Lomba Dakwah & Murottal Digital Anak Indonesia 2017 melalui portal http://uzone.id.

Adapun rangkaian kegiatan sosial itu dilaksanakan saat Safari Ramadhan TelkomGroup di 7 kota di Indonesia, yaitu Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan dan Makassar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com