Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puncak Arus Balik Mudik Terjadi Akhir Pekan Ini, ASDP Siap-siap

Kompas.com - 28/06/2017, 11:03 WIB
Moh. Nadlir

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan arus balik penyeberangan diprediksi akan mengalami peningkatan trafik mulai akhir pekan ini.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Faik Fahmi mengatakan, puncak arus balik tahun ini dari Bakauheni menuju Merak, diperkirakan terjadi pada Jumat, Sabtu, Minggu nanti.

Meski demikian, arus balik diperkirakan akan lebih terdistribusi, dikarenakan waktu kepulangan yang lebih panjang.

"Ini karena berbarengan libur anak sekolah yang baru aktif kembali tahun ajaran baru pada 17 Juli mendatang. Selain itu juga ada tradisi Lebaran Ketupat, sehingga ada sebagian pemudik yang masih menambah waktu libur di kampung halaman," ujaf Faik dalam keterangannya, Rabu (28/6/2017).

Untuk mendukung kelancaran arus balik dari Bakauheni, tahun ini ASDP menambah titik area penjualan tiket di luar pelabuhan (buffer zone) menjadi 3 yang tersebar di Terminal Rajabasa, RM Begadang 4, dan Masjid Kalianda.

"Diharapkan, pengguna jasa dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk membeli tiket online berjadwal maupun beristirahat, sehingga perjalanan kembali dari mudik lancar, aman, dan nyaman," ujar dia.

Di pelabuhan Bakauheni, selain dioperasikan kapal berukuran besar sebanyak 32 unit dan 6 dermaga, PT ASDP Cabang Bakauheni juga telah menambah loket dan toll gate hingga total mencapai 49 unit.

"Total penambahan ada 28 unit loket, sehingga ada 49 unit loket yang bisa digunakan oleh pengguna jasa. Kami harapkan tidak ada antrian signifikan, karena loket yang tersedia cukup memadai," kata Faik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com