Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kartu Identitas Anak Sasar 250.000 Anak di Kabupaten Semarang

Kompas.com - 20/07/2017, 07:00 WIB
Kontributor Ungaran, Syahrul Munir

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.COM - Sedikitnya 250 ribu anak di Kabupaten Semarang diproyeksikan akan memiliki Kartu Indentitas Anak (KIA) pada tahun 2018.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Semarang, Budi Kristianto mengatakan, pada tahun ini pihaknya mulai melakukan sosialisasi KIA kepada masyarakat.

"Kita baru mengajukan di anggaran APBD 2017 perubahan untuk sosialisasinya, sedangkan pengadaan blangko KIA direncanakan pada 2018 mendatang," kata Budi, Rabu (19/7).

Saat ini jumlah anak di Kabupaten Semarang yang tercatat di Dispendukcapil Kabupaten Semarang mencapai 250.769 anak. Mereka tersebar di seluruh 19 kecamatan dengan jenjang usia mulai 1 hari sampai 17 tahun.

Menurut Budi, anggaran yang diperlukan untuk program KIA sebesar Rp 1,1 miliar.

Tujuan dari program KIA sendiri adalah untuk meningkatkan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik, serta sebagai upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

Pelayanan publik berbasis KIA, kata Budi, akan diterapkan di berbagai lini. Mulai dari sekolah hingga pelayanan transportasi. Misalnya untuk mendaftar ke sekolah, maka salah satu persyaratannya adalah KIA.

Pemkab Semarang juga bisa bekerjasama dengan pengelola BRT Trans Jateng, sehingga siswa akan memperoleh diskon 50 persen.

"Dengan pihak swasta juga bisa, misalnya siswa membeli buku pelajaran di toko buku yang sudah kerjasama dengan Pemkab, maka siswa akan memperoleh diskon," imbuhnya.

Budi menambahkan, untuk teknis pengurusan KIA, hingga kini masih dalam tahap pengkajian. Namun ia berharap, kepengurusan KIA bisa dilakukan di kantor kecamatan masing-masing demi mendekatkan pelayanan kependudukan kepada warga Kabupaten Semarang.

"Syukur-syukur printer KIA bisa jadi satu dengan printer eKTP, maka hal itu bisa dilakukan di kecamatan," tuntasnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com