Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan: Pergantian Direksi Pertamina Tak Tiba-tiba

Kompas.com - 19/04/2012, 13:36 WIB
Hindra Liu

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan menegaskan, perombakan jajaran direksi PT Pertamina (Persero) tidak dilakukan secara tiba-tiba. Proses perombakan berlangsung selama dua bulan.

Hanya, kata Dahlan, dia ingin menghindari kehebohan di media. "Sekarang prosesnya tidak heboh. Itu perlu karena, kalau kelamaan heboh, direksi BUMN tidak akan kerja," kata Dahlan kepada para wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (19/4/2012).

Dahlan, melalui Surat Keputusan Nomor SK-186/MBU/2012 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perusahaan Perseroan (Persero) PT Pertamina, mengangkat lima direksi baru.

Mereka adalah Chrisna Damayanto sebagai Direktur Pengolahan, Hanung Budya Yuktyanta sebagai Direktur Pemasaran dan Niaga, Evita Maryanti Tagor sebagai Direktur SDM, Luhur Budi Djatmiko sebagai Direktur Umum, dan Hari Karyuliarto sebagai Direktur Gas. Adapun direktur gas merupakan posisi baru.

Terkait latar belakang perombakan, Dahlan mengatakan ingin membentuk "dream team" di setiap BUMN. Konsep ini diajukan Dahlan pada sidang kabinet yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"'Dream team' intinya, bagaimana agar BUMN maju. BUMN tidak akan maju kalau direksinya tidak kompak. Bisa saja masing-masing direksi pintar, tapi belum tentu cocok untuk sebuah tim yang kuat," kata Dahlan.

Sementara itu, empat direksi yang tetap menjabat adalah Direktur Utama Karen Agustiawan, Direktur Pengembangan Investasi dan Manajemen Risiko M Afdal Bahaudin, Direktur Hulu M Husen, dan Direktur Keuangan Andri T Hidayat. (HIN)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com