Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krisis Suriah Ancam Perekonomian

Kompas.com - 05/09/2013, 07:16 WIB


JAKARTA, KOMPAS
.com - Krisis yang terjadi di Suriah serta kemungkinan serangan militer Amerika Serikat dan sekutunya bisa menyebabkan gejolak yang akan berdampak pada perekonomian global, termasuk Indonesia. Karena itu, langkah-langkah untuk mengantisipasi hal tersebut dibutuhkan.Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, krisis yang terjadi di Suriah dapat memengaruhi harga minyak dunia dan menyebabkan gejolak yang dapat mengakibatkan krisis energi.

”Saya kira akan ada pengaruhnya pada harga minyak. Ini yang saya kira harus kita jaga dan hati-hati betul,” ujar Hatta Rajasa di Jakarta, Rabu (4/9/2013).

Harga minyak bervariasi di perdagangan Asia, Rabu, setelah naik di New York, karena kekhawatiran atas serangan militer AS di Suriah kembali muncul.

Kontrak utama West Texas Intermediate di New York untuk pengiriman Oktober turun 27 sen menjadi 108,27 dollar AS dalam perdagangan sore, sementara minyak mentah Brent North Sea untuk penyerahan Oktober naik 10 sen ke posisi 115,78 dollar AS.

”Harga minyak mentah Brent menguat karena saham global terbatas dan ada dukungan terhadap seruan Presiden AS (Barack) Obama untuk melakukan intervensi militer di Suriah,” kata Teoh Say Hwa, Kepala Investasi Phillip Futures di Singapura.

”Suriah mungkin bukan produsen minyak utama, tetapi intervensi militer di Suriah bisa menjalar di seluruh Timur Tengah,” kata Teoh.

Kegelisahan pasar atas Suriah muncul kembali setelah Ketua DPR AS John Boehner dan rekannya dari Partai Republik, Eric Cantor, menyatakan akan mendukung serangan terhadap rezim Presiden Suriah Bashar al-Assad atas dugaan penggunaan senjata kimia.

Para unsur pimpinan Senat AS juga merancang draf resolusi untuk mendukung rencana Obama menyerang Suriah selama serangan itu direncanakan dengan saksama, tidak berlangsung lebih dari 90 hari, dan tak melibatkan prajurit AS di tanah Suriah.

Hari Rabu waktu AS, Komite Hubungan Luar Negeri Senat AS akan melakukan pemungutan suara untuk menyetujui atau tidak rencana tersebut. Sementara para pembantu terdekat Obama terus berusaha meyakinkan DPR AS agar menyetujui rencana itu.

Presiden Rusia Vladimir Putin, dalam wawancara di Moskwa, Rusia, Selasa malam, kembali memperingatkan AS untuk tidak melakukan aksi sepihak ke Suriah tanpa otorisasi PBB.

Meski demikian, Putin juga mengungkapkan, ia tidak mengesampingkan kemungkinan Rusia akan mendukung resolusi Dewan Keamanan PBB untuk mengizinkan serangan hukuman ke Suriah jika benar-benar terbukti rezim Presiden Assad menggunakan senjata kimia.

Di Jakarta, Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama Slamet Effendy Yusuf mengatakan, alih-alih akan mengatasi perang saudara, serangan AS ke Suriah justru bisa menghancurkan negeri itu.

Beban subsidi

Para investor saat ini takut intervensi AS bisa menimbulkan konflik yang lebih luas dan akan mengganggu stabilitas politik di Timur Tengah, sumber utama pasokan minyak mentah dunia.

Kepala Departemen Ekonomi Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Yose Rizal Damuri mengatakan, dampak yang paling dominan jika perang Suriah pecah adalah kenaikan harga minyak mentah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com