Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pengangguran Naik, Hatta Salahkan Demo Buruh

Kompas.com - 06/11/2013, 20:21 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pusat Statistik  baru saja melansir jumlah penduduk yang bekerja di Indonesia pada Agustus 2013 mencapai 110,8 juta orang, berkurang sebanyak 3,2 juta orang dibandingkan dengan keadaan pada Februari 2013 sebanyak 114 juta orang.

Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat kenaikan tingkat pengangguran terbuka (TPT) yang pada Agustus 2013 mencapai 6,25 persen. Rasio itu mengalami peningkatan dibandingkan pada Februari 2013 sebesar 5,92 persen dan TPT pada Agustus 2012 sebesar 6,14 persen.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa menengarai penurunan signifikan dalam satu semester tersebut lantaran banyaknya aksi mogok, yang ujung-ujungnya memaksa pemberi kerja merumahkan sebagian karyawan.

”Kalau itu lebih disebabkan memang perusahaan-perusahaan itu. Karena menyangkut kemarin itu, pemogokan, sweeping, mereka memang melakukan PHK (pemutusan hubungan kerja) dan mereka melakukan pindah (relokasi),” ujar Hatta di kantor Jakarta, Rabu (6/11/2013).

Lebih lanjut Hatta juga mengatakan bahwa pemerintah berharap kesejahteraan buruh bisa meningkat. Namun, ia meminta agar tuntutan kenaikan tak terlalu dipaksakan sehingga membebani kalangan pengusaha dan memaksa terjadinya PHK.

”Saya harapkan ini temporary (sementara). Kita akan genjot terutama untuk usaha-usaha menengah kecil melalui KUR, kita tingkatkan program perlindungan sosial (untuk buruh),” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com