Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Percepat Investasi, Pangkas Izin yang Bertele-tele

Kompas.com - 14/04/2014, 13:44 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menko Bidang Perekonomian Hatta Rajasa meminta kepala daerah, pemimpin daerah, seperti Bupati untuk mempercepat izin usaha dan investasi.

"Saya pesan betul kepada Pak Isran Noor (Ketua Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia/APKASI) melalui upaya mempercepat proses perizinan dan hambatan-hambatan," ujarnya dalam sambutan pembukaan APKASI International Trade and Investment Summit (AITIS) 2014, di JIExpo Kemayoran, Senin (14/4/2014).

Ia mengatakan, pelayanan terpadu dan kecepatan proses investasi sangat penting guna mendorong salah satunya konektivitas. Sehingga, pada akhirnya meningkatkan daya saing Indonesia dalam menghadapi perdagangan bebas ASEAN yang sebentar lagi berlaku.

Hatta mencontohkan, proyek pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Batang berkapasitas 2 x 1.000 megawatt sampai saat ini belum rampung karena masalah perizinan lahan. Dia berharap, preseden seperti itu tidak akan terjadi lagi.

"Memotong perizinan menjadi lebih simpel, serta memangkas izin yang bertele-tele agar cepat orang berinvestasi,” sambungnya.

Proses investasi yang lebih cepat itu akan menolong sistem perdagangan serta sistem logistik nasional.

Hatta menyampaikan, pemerintah menargetkan biaya logistik turun dari 14,08 persen dari ongkos produksi, menjadi satu digit. Artinya, agar target tersebut tercapai, maka perlu konektivitas.

Hatta pun berharap pemerintah daerah juga mau berinvestasi guna mempercepat konektivitas. “Setiap daerah mesti ada konsep kekhasan untuk setiap daerah. Ada Kawasan Perhatian Investasi di dalam konsep MP3EI.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com