Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Klaim IHSG Juara Dunia

Kompas.com - 30/04/2014, 14:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyatakan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia merupakan yang teratas di dunia.  Alasannya, sampai saat ini peningkatan IHSG secara year to date merupakan yang tertinggi dibanding bursa saham dunia lainnya.

"Rata-rata transaksi harian Rp 6,18 triliun. Berdasarkan data kemarin, indeks saham kita menjadi juara di dunia dengan kenaikan mencapai 12,18 persen," kata Deputi Komisioner OJK Bidang Pengawas Pasar Modal II Noor Rachman di Jakarta, Rabu (30/4/2014).

Noor Rachman menjelaskan, kuatnya pergerakan IHSG pun dapat terlihat dari penutupan perdagangan saham pada tanggal 29 April kemarin yang menyentuh level 4.818. Padahal tahun lalu indeks terendah sempat tercatat berada pada posisi 3.967 pada tanggal 27 Agustus 2013. "Tetapi dalam jangka panjang, tren IHSG kita masih mengalami kenaikan," ujar Noor Rachman.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan, pihaknya berharap IHSG dapat kembali mengulang sejarah seperti yang terjadi pada pertengahan tahun 2013 silam. Pada waktu itu, IHSG berhasil menembus level 5.000.

"Sejumlah indikator ekonomi sudah menunjukkan angka-angka positif yang diyakini mampu menopang laju pergerakan harga saham. Kita pernah mengalami indeks 5.214 pada 20 Mei 2013. Diharapkan pencapaian positif ini bisa terjadi lagi. Perekonomian kita juga sedang menunjukan kinerja yang baik," papar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com