Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rona Mentari Wakili Indonesia dalam Konferensi Mendongeng Internasional

Kompas.com - 12/06/2014, 14:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia patut berbangga, lantaran salah satu pendongengnya mendapat kesempatan tampil dalam Sydney International Storytelling Conference 2014.

Dalam event tersebut, Indonesia diwakili oleh satu-satunya delegasi yaitu Rona Mentari. Pendongeng lain yang hadir dalam acara ini juga berasal dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, Singapura, India, dan tentunya Australia.

“Mendongeng adalah bagian dari budaya kita, budaya tutur atau lisan. Penyampaian nilai-nilai melalui dongeng selain lebih mudah ditangkap, tidak terkesan menggurui, dan lebih melekat di benak pendengarnya”, ujar Rona dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (12/6/2014).

Rona hadir dengan mendapatkan dukungan dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI dan Pertamina. Sebagai duta Indonesia, ia menyampaikan nilai-nilai keindonesiaan melalui dongeng yang disampaikan dengan wayang.

Rona diberi sebuah kehormatan dengan tampil dalam konser dongeng penutup yang dihadiri audiens paling banyak diantara konser lain dalam konferensi ini.

Bersama Gareng, teman wayangnya, ia mendongeng tentang sebuah kerajaan yang mengadakan sayembara. Nilai yang terkandung dalam dongeng itu adalah kegigihan, keberanian, dan pantang menyerah.

Di negara-negara maju, Aktivitas mendongeng menjadi bagian hidup masyarakatnya. Mereka sadar betapa pentingnya aktivitas ini di tengah kemajuan teknologi yang makin menjauhkan manusia satu sama lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com