Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi-JK Fokus Cetak 1 Juta Hektar Lahan Sawah dan Konversi BBM

Kompas.com - 05/07/2014, 21:24 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Cawapres Jusuf Kalla mengatakan, pangan dan energi merupakan kebutuhan pokok bangsa, di samping lingkungan yang baik. Namun sayangnya, 5 terakhir banyak terjadi krisis di sektor pangan dan energi Indonesia.

“Dengan luas lahan 12 juta hektar yang ditanami padi, namun kita pada tahun terakhir tetap impor pangan luar biasa sebanyak 2,7 juta ton, padahal pada 2008-2009 kira sudah swasembada beras, ”kata JK dalam Debat Capres-Cawapres kelima yang mengusung tema Pangan, Energi, dan Lingkungan, yang dihelat KPU pada Sabtu (5/7/2014).

Oleh karena itu, pasangan No.2 berjanji, jika terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden dalam pilpres 9 Juli 2014, mereka kan melakukan perbaikan di sektor pangan dan energi.

Di bidang pangan, JK menuturkan, pihaknya akan meningkatkan produktivitas seperti dengan mencetak 1 juta hektar sawah baru.

Sementara itu, di bidang energi, pemerintahan di bawah komando Jokowi-JK akan melakukan konversi energi berbahan baka minyak menjadi bahan bakar gas utamanya untuk transportasi.

“Kita sudah berhasil mengkonversi kompor, sekarang kendaraan. Kita juga akan melakukan perbaikan pada transportasi umum, di samping meningkatkan pemanfaatan EBT seperti geotermal, air dan sabagainya,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com