Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Dunia: Indonesia Akan Memulai Babak Baru Sejarah Ekonominya

Kompas.com - 21/07/2014, 12:47 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Bank Dunia menyatakan, Indonesia akan memulai babak baru dalam sejarah ekonominya pada tahun-tahun mendatang. Melemahnya harga komoditas dan pertumbuhan kredit akan berpengaruh terhadap pilihan kebijakan ekonomi yang akan diambil.

"Indonesia akan memulai babak baru dari sejarahnya dan menghadapi berbagai pilihan kebijakan yang sulit. Dalam waktu dekat, mengatasi peningkatan tekanan fiskal dan menjaga kelangsungan defisit transaksi berjalan sangat penting," ujar Direktur Bank Dunia untuk Indonesia, Rodrigo A Chaves di Jakarta, Senin (20/7/2014).

Dia menjelaskan, situasi ekonomi Indonesia saat ini memang sedang mengalami penurunan pertumbuhan oleh beberapa faktor. Dengan masalah-masalah yang dihadapi sekarang, menurut Rodrigo, jalan yang paling efektif adalah melakukan reformasi struktural, salah satunya dengan melakukan reformasi kebijakan subsidi BBM.

Jika reformasi struktural dijalankan, maka akan membantu terjadinya pemerataan kemakmuran di negara besar seperti Indonesia ini. Menurut dia, tujuan jangka panjang seperti menjaga pertumbuhan di atas 6 persen dan pengurangan kesenjangan akan berhasil dengan reformasi struktural tersebut.

"Reformasi struktural yang lebih dalam seperti reformasi kebijakan subsidi BBM dan investasi lebih banyak di bidang infrastruktur harus dilakukan. Reformasi itu akan membantu pemerataan kemakmuran," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com