Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamendag: Permintaan Perhiasan Terus Meningkat

Kompas.com - 02/09/2014, 15:01 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, mengungkapkan bahwa potensi ekonomi kreatif di Indonesia begitu besar. Salah satu yang potensial dikembangkan adalah bisnis perhiasan.

"Yang kita contohkan di dalam neraca kita yang bagus adalah perhiasan. Itu makin lama makin kuat. Permintaannya juga makin mapan," ujar Bayu, Selasa (2/9/2014).

Bayu mengatakan, selain perhiasan, segmen lain yang juga potensial untuk berkembang adalah batik, dan makanan. "Yang lain, yang juga tumbuh pesat adalah makanan. Antara kuliner dengan macam-macam di belakangnya," ujarnya.

Mengenai kuliner, Bayu yakin pertumbuhannya baik sekali dan pesat. Meski saat ini angkanya masih kecil. Hanya saja, sektor kuliner harus memperhatikan berbagai aspek seperti keamanan pangan, kemasan dan standar lain yang harus dipenuhi untuk masuk ke pasar global.

"Potensinya besar, sekarang masih kecil, tapi growth-nya kita lihat angkanya hampir seluruhnya di atas double digit, antara 15-25 persen pertumbuhannya," pungkas Bayu.

Terkait dengan upaya mendorong bertumbuhnya sektor ekonomi kreatif, Kementerian Perdagangan menyarankan agar pelaku usaha sektor ini bisa selalu updated.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com