Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Turunkan Suku Bunga Deposito

Kompas.com - 03/09/2014, 18:42 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri menurunkan suku bunga depositonya sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 6,0 persen pada September 2014. Langkah ini ditempuh karena perseroan sudah mencapai kondisi likuiditas yang lebih baik untuk mendukung pertumbuhan kredit dan aset produktif sesuai target tahun ini.

Menurut Direktur Utama Bank Mandiri Budi G. Sadikin, kondisi likuiditas di pasar uang Rupiah pun semakin longgar pasca-Lebaran 2014. Jika Bank Mandiri mempertahankan suku bunga depositonya, maka bank tersebut malah akan memiliki beban bunga yang cukup besar.

"Kami akan memiliki beban bunga yang cukup besar jika mempertahankan suku bunga tetap tinggi. Selain itu, suku bunga tinggi juga akan membuat persaingan dana perbankan semakin ketat," ujar Budi, dalam keterangan pers Rabu (3/9/2014).

Penurunan suku bunga ini juga diharapkan mendorong penurunan bunga kredit. Menurut Budi, perbankan bisa menurunkan risiko kredit, memperkuat fungsi intermediasi untuk mendukung pembangunan, dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.

Dalam siaran pers tersebut juga disebutkan, perolehan dana pihak ketiga (DPK) rupiah dan valas dari deposito berkontribusi sekitar 36,11 persen dari total DPK senilai Rp501,34 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com